10 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik Di Indonesia Terbaru

10 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik Di Indonesia Terbaru
Rekomendasi Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik

Asuransi kesehatan syariah yang sesuai dengan prinsip syariat Islam kini mulai diminati oleh masyarakat. Lalu, bagaimana dan apa bedanya dengan asuransi konvensional? Mari kita bahas lebih jauh, bagaimana memilih asuransi yang bagus dan terbaik

Pada dasarnya, asuransi syariah adalah jaminan yang menggunakan sistem sharing of risk untuk para peserta dengan cara menghibahkan dana tabarru' atau dana kontribusi. Kemudian dana ini digunakan untuk meng-cover semua resiko berkaitan dengan kesehatan.

Dengan prinsip gotong royong antar agnggota, maka semua dana atau premi yang telah terkumpul menjadi milik seluruh peserta asuransi secara penuh, bukan milik perusahan asuransi. Hal ini menjadikan asuransi kesehatan syariah lebih unggul dari pada asuransi konvensional karena tidak adanya dana hanggus jika premi tidak diklaim.

TRENDING:  Review MS Glow Paket Acne Yang Mampu Mengatasi Jerawat

Reputasi dan manfaat pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan menjadi faktor penting yang perlu anda pertimbangkan untuk memilih asuransi syariah terbaik.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik


Dengan besarnya masyarakan muslim di Indonesia, produk asuransi kesehatan syariah kian digemari. Lantas bagaimana cara memilih asuransi syariah yang bagus? Kamusmama akan merangkumkannya untuk anda.

BACA JUGA:  Review Serum Implora Acne Anti Jerawat

1. Ketentuan Syariah


Dalam dunia asuransi syariah, dana tabarru' menjadi hal penting karena semua peserta akan bergotong royong menanggung resiko dengan menyumbangkan sebagian dana atau sepenuhnya. Perlu diketahui bahwa syariat Islam melarang adanya ketidakpastian atau Gharar, judi, riba, penganiayaan, suap, barang haram, dan maksiat. Hal ini tentu juga harus diterapkan pada asuransi kesehatan syariah yang bagus. Nah, untuk memastikan itu, anda dapat mengecek asuransi yang akan anda pilih diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) atau tidak.

2. Cek Klausul Pengecualian


Pre-exiting condition dan masa tunggu menjadi istilah penting dalam dunia asuransi. Pre-exiting condition merupakan dimana klaim akan ditolak karena diagnosa penyakit tertentu yang sudah diderita baik telah diketahui atau tidak sebelum anda membeli polis asuransi. Sedangkan masa tunggu adalah jenis penyakit yang dapat diklaim setelah 12 bulan dari masa pembelian asuransi.

RELATED:  Review 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik

3. Asuransi Murni


Maksud dari asuransi murni adalah asuransi yang hanya menyediakan khusus tentang kategori asuransi, misalnya kesehatan. Hal ini akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli polis rider atau asuransi tambahan.

4. Referensi dan Tentukan Produk


Anda harus benar-benar mempelajari kualitas pelayanan dan berapa lama perusahaan asuransi syariah telah berdiri. Hal ini akan menentukan bonafit atau tidaknya sebuah asuransi. Tidak kalah pentingnya adalah cek pelayanan terhadap pembayaran klaim, bermasalah atau tidak.

BACA JUGA:  Rekomendasi Obat Batuk Ibu Dan Anak Yang Aman Dan

5. Cek Perlindungan Keluarga


Biaya premi asuransi kesehatan keluarga syariah jauh lebih murah daripada anda mendaftarkan masing-masing anggota keluarga secara individu. Anda dapat mempertimbangkan diskon yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi syariah berkaitan dengan kesehatan, misalnya menanggung biaya melahirkan bayi.

6. Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Manfaatnya


Pastikan memilih asuransi syariah yang sesuai dengan kebutuhan anda karena ada banyak sekali produk yang selalu ditawarkan oleh perusahaan, misalnya kesehatan, jiwa, pendidikan, dan lainnya. Mintalah pendapat dari orang terdekat yang sudah berpengalaman dengan asuransi syariah untuk memutuskan kebutuhan yang akan anda asuransikan.

VIRAL:  Review 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik

7. Pelajari Akad Asuransi Syariah Dengan Teliti


Bentuk kesepakatan atau akad asuransi syariah akan tertuang dalam perjanjian untuk mendapatkan status premi polis asuransi. Anda harus benar-benar mempelajari dan memahami akad yang diajukan oleh perusahaan. Salah satu yang terpenting adalah berkaitan dengan dana hangus atau tidaknya.

8. Bandingkan Dan Cari Premi Yang Sesuai Budget


Budget untuk sebuah asuransi menjadi yang paling vital, karena jangan sampai kita menjadi terbebani dengan premi yang mahal. Untuk itu, bandingkan antar perusahaan asuransi syariah yang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Pilihlah tarif premi yang wajar dan kompetitif karena bisa jadi perusahaan asuransi mengambil dana besar, tapi manfaatnya hanya sedikit.

9. Sistem Pengelolaan Dana


Sistem pengelolaan dana asuransi syariah menjadi sangat penting karena akan berujung pada sehatnya dan ketenangan semua nasabah. Yang paling baik adalah sistem pengelolaan dana adalah dengan sistem dan prinsip Mudharabah yang berdasarkan Alquran dan Hadist sehingga menjadi halal dan dapat diterima semua kalangan baik muslim maupun non-muslim.

10 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik


Setelah anda mengetahui cara untuk memilih asuransi terbaik, maka Kamusmama akan memberikan rekomendasi asuransi kesehatan syariah terbaik untuk anda, simak berikut ini:

1. BNI Life Syariah


BNI Life Syariah mengeluarkan produk asuransi kesehatan syariah dengan nama Ahsan Medicare yang mana cukup banyak diminati saat ini. Hal ini karena premi yang ditawarkan cukup murah, anda hanya mengeluarkan dana Rp300 ribu per bulan. Auransi kesehatan BNI Life Medicare memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  • adanya loyalty bonus jika nasabah hidup hingga masa polis berakhir.
  • santunan meninggal dunia dalam satu polis.

2. Takaful Keluarga


Takaful Keluarga merupakan salah satu produk unggulan dari asuransi Takafulink Salam yang mana memberikan semua manfaat dalam satu polis, seperti asuransi kesehatan, penyakit kritis, jiwa, dan investasi. Manfaat yang akan didapatkan nasabah antara lain:

  • Biaya rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, persalian ICU, dan pembedahan akan ditanggung sekaligus.
  • Menanggung 49 penyakit kritis.
  • santunan meninggal dunia dan nilai tunai investasi.

3. BRI Life


BRILife-Link Proteksi Syariah merupakan produk yang dikeluarkan oleh BRI Life. Asuransi kesehatan syariah yang dimiliki BRI Life ini memberikan pertanggungan kesehatan dan penyakit kritis sekaligus. Beberapa keunggulannya adalah:

  • Mendapatkan manfaat hospital cash plan selama rawat inap.
  • Menanggung 49 jenis penyakit kritis.
  • Santunan duka jika nasabah meninggal dunia dalam masa asuransi.

4. JMA Syariah


Asuransi kesehatan syariah yang diberikan oleh JMA Asyifa terbilang cukup lengkap dengan memberikan nasabah biaya perawatan gigi sebagai manfaat dasar. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri karena jarang asuransi kesehatan yang menawarkan hal serupa. Adapaun keunggulan lainnya dari JMA syariah adalah:

  • Santunan meninggal dunia.
  • Menanggung biaya rawat inap hingga pembedahan.

5. Prudential Syariah


PRUprime Healthcare Syariah menawarkan manfaat rawat inap hingga Rp8 juta/hari dan perlindungan dengan usia maksimal 85 tahun. Asuransi kesehatan syariah Prudential ini memiliki keunggulan lainnya seperti:

  • Pembayaran biaya kesehatan di Indonesia, Malaysia, Singapura.
  • Santunan meninggal dunia.
  • Manfaat 10-50 persen jika tidak ada klaim.
  • Manfaat tahunan hingga Rp35 miliar.

6. Allianz Syariah


Asuransi kesehatan syariah yang ditawarkan oleh Allianz cukup memiliki banyak manfaat, bahkan terdapat 8 plan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda akan mendapatkan manfaat biaya kamar berdasarkan plan mulai dari Rp100 ribu hingga Rp1 Juta. Kelebihan lainnya dari AlliSya Care seperti:

  • Santunan meninggal dunia sekaligus.
  • Jika tidak ada klaim, maka pembagian surplus akan dilakukan secara underwriting dan adil.
  • Diskon 5% setiap tambahan anggota keluarga.

7. AXA Mandiri Syariah


AXA Mandiri Syariah memiliki premi asuransi kesehatan yang terjangkau, cukup mengeluarkan Rp300 ribu/bulan anda sudah akan mendapatkan manfaatnya. Berikut keunggulan dari AXA Mandiri Syariah:

  • Santunan meninggal dunia hingga mencapai 50 kali lipat dari kontribusi dasar tahunan.
  • Biaya rawat inap mulai dari Rp750 ribu.
  • Biaya ICU harian mulai dari Rp1,5 juta.

8. FWD Syariah


Asuransi Bebas Handal FWD Syariah merupakan salah satu yang termurah karena anda hanya perlu membayar premi Rp75 ribu/bulan. Manfaat yang akan didapatkan oleh nasabah asuransi kesehatan syariah dari FWD ini cukup tinggi, mencapai Rp100 juta/tahun. Berikut adalah keunggulan dari FWD Syariah:

  • Pertanggungan COVID-19 dari harian, hingga santunan meninggal dunia.
  • Menanggung usia nasabah sejak 30 hari.

9. Manulife


Berkah Medicare Plus adalah produk yang dikeluarkan oleh Manulife yang dapat memberikan manfaat asuransi kesehatan dan penyakit kritis sekaligus. Asuransi kesehatan syariah dari Manulife ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Santunan harian rawat inap higga ICU.
  • Pertanggungan biaya perawatan kanker hingga cuci darah.

10. Sinarmas MSIG Life


Sinarmas MSIG Life telah mengeluarkan produk asuransi kesehatan syariah yaitu SMiLe Medical Syariah yang men-cover hingga usia 90 tahun. Dengan harga yang cukup tinggi, pertanggungan yang diberikan kepada nasabah terbilang cukup lengkap. Berikut keunggulan dari SMiLe Medical Syariah:

  • Covering biaya kamar rawat inap hingga Rp1,5 juta/hari.
  • Biaya pembedahan yang ditanggung asuransi seutuhnya.
  • Limit tahunan polis hingga Rp1,4 miliar.

Kesimpulan


Dari 10 rekomendasi asuransi kesehatan syariat telah disebutkan diatas, wajib bagi anda untuk memeriksa lebih detail sebelum membuat akad dengan perusahaan. Pastikan semua bebas dari ketidakpastian atau Gharar, judi, riba, penganiayaan, suap, barang haram, dan maksiat. Dengan begitu, anda akan selamat dunia dan akhirat. Semoga bermanfaat!

writen by Darman Hutapea | January 9, 2022


REVIEW POPULER
  • Buah Beet Untuk Ibu Hamil
    Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin
    May 4, 2022
  • 1 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal
    Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik, Langsung Masuk Rekeningmu
    February 8, 2022
  • Cara Membuat Telur Gulung Tepung
    Cara Membuat Telur Gulung Tepung Anti Gagal Terenak
    January 14, 2022
  • Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
    5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Yang Jarang Diketahui!
    January 27, 2022
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori