Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin
Buah Beet Untuk Ibu Hamil

Buah beet untuk ibu hamil saat dikonsumsi pada trimester awal sangat banyak manfaatnya. Morning sickness hampil selalu terjadi pada ibu di awal kehamilan. Biasanya, para ibu hamil akan memilih memakan sayur dan buah untuk membantu meringankan rasa mual. Buah beet atau bit dapat menjadi makanan alternatif jika anda merasa bosan dengan makanan yang biasanya.

Nutrisi yang ada di dalam buah beet sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung banyak asam folat, antioksidan dan banyak lagi. Buah bit atau beetroot memiliki rasa yang tidak familiar pada lidah kita. Tetapi jika kita dapat mengolahnya dengan benar, maka akan menjadi sesuatu yang lezat dengan nutrisi yang baik untuk dinikmati. Yuk, cek informasi mengenai buah beet untuk ibu hamil berikut ini.

Manfaat Buah Beet untuk Ibu Hamil


Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi buah beet pada saat memasuki trimester awal kehamilan sangat penting untuk memenuhi nutrisi. Hal ini penting jika anda mengalami mual dan mengalami penurunan nafsu makan. Memenuhi asupan sangat penting dilakukan, baik menggunakan buah bit atau yogurt untuk ibu hamil.

TRENDING:  Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Buah beet mengandung asam folat yang bagus untuk ibu hamil. Hal ini seperti yang dilansir dari University of Wisconsin – Madison. Janin harus mendapatkan asam folat yang cukup untuk membantu perkembangan sistem saraf.

Dengan mengkonsumsi asam folat secara rutin ternyata dapat menurunkan resiko cacat lahir pada bayi. Buah ini juga sangat membantu untuk perkembangan jaringan dan sumsum tulang belakang. Buah ini juga memiliki kandungan penting dalam makanan ibu hamil agar anak cerdas. Itulah pentingnya mengkonsumsi asam folat bagi kesehatan janin.

BACA JUGA:  Rekomendasi Yogurt Untuk Ibu Hamil Yang Paling Aman

Meningkatkan Metabolisme


Mengkonsumsi potasium secara teratur dapat membantu menaikan metabolisme tubuh selama kehamilan. Potasium sangat baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kandungan kalium yang terdapat didalamnya dapat membantu menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh.

Menstabilkan Tekanan Darah


Jus buah beet dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kekuatan dan stamina fisik pada ibu hamil. Selain itu, mengkonsumsi buah ini juga akan membantu mencegah preeeklamsia. Hal ini telah dibuktikan oleh para ilmuan The University of Manchester yang mana telah melakukan penelitian terhadap 20 wanita. Hasilnya, ibu hamil yang mengkonsumsi buah bit memiliki tekanan darah yang lebih stabil dibandingkan yang tidak.

RELATED:  Kandungan Penting Dalam Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak

Mencegah Sembelit


Ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan diakibatkan oleh pergerakan yang melambat. Serat yang terkandung pada buah bit sangat membantu untuk mengindari sembelit. Seperti yang diketahui bahwa pada trimester awal sangat diajurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi serat. Mengkonsumsi makanan tinggi serat juga disinyalir dapat membantu merangsang perkembangan janin.

Menstabilkan Gula Darah


Diabetes gestasional sering diderita oleh seorang ibu yang sedang mengandung. Penyakit gula ini biasanya terjadi pada minggu ke 24 hingga saat proses kehamilan.

Mencegah Anemia


Zat besi sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan janin. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya dapat membantu untuk meningkatkan hemoglogbin. Dengan begitu, jika anda rajin mengkonsumsinya maka akan mengurangi resiko terjadinya anemia selama masa kehamilan.

Membantu Perkembangan Janin


Vitamin A bagus untuk perkembangan janin dan ini sangat penting untuk dipenuhi selama kehamilan. Buah beet untuk ibu hamil banyak mengandung vitamin A dan E. Mengkonsumsi rutin vitamin A dan E dapat membantu perkembangan janin secara optimal.

VIRAL:  Kandungan Penting Dalam Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak

Membantu Mengatasi Nyeri Sendi dan Bengkak


Nyeri sendi dan bengkak hampir selalu terjadi pada ibu hamil. Hal ini biasanya terjadi karena berat badan yang bertambah secara segnifikan dan terlalu lama berdiri. Mengkonsumsi buah beet secara rutin akan membantu untuk mengurangi dan mengatasi masalah nyeri sendi dan bengkak.

Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis dapat terjadi pada masa ibu hamil karena pertumbuhan janin memerlukan kalsium yang cukup banyak. Selain itu, juga akan mencegah pengeroposan pada gigi.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh


Menurut studi yang telah dilakukan CHP (The Children’s Hospital of Philadelphia), antioksidan yang dikonsumsi selama masa kehamilan dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, antioksidan juga akan mencegah pertumbuhan kanker. Jadi, buah beet termasuk makan makanan antioksidan tinggi untuk kanker.

Cara Membuat Jus Buah Beet


Jus Buah Beet Untuk Ibu Hamil
Jus Buah Beet Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi jus buah beet untuk ibu hamil dapat menurunkan tekanan darah, mencegah anemia, dan masih banyak lagi seperti yang telah disebutkan di atas. Berikut ini Kamusmama akan berikan resep membuat jus buah beet segar.

Bahan-Bahan

  • 2 buah beet yang telah dikupas
  • 1 irisan lemon
  • air secukupnya

Cara Membuat Jus Buah Beet

  • Cuci buah beet dan potong kecil-kecil
  • Blender semua bahan diatas dengan tambahkan air secukupnya hingga halus
  • Saring dan masukkan kedalam gelas
  • Siap diminum

Itulah beberapa manfaat buah beet untuk ibu hamil dan cara membuat jus segar untuk dinikmati di trimester pertama. Ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter. Semoga bermanfaat!!

writen by Ellis Laksmiwati | May 4, 2022


REVIEW POPULER
  • Aplikasi Sadap Wa Pasangan
    5 Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan
    January 31, 2022
  • Ghozali Everyday Kaya Mendadak
    Viral: Ghozali Everyday Kaya Mendadak, Nilai Aset Milyaran Rupiah, Begini Caranya!
    January 15, 2022
  • 5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah
    5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah Di Indonesia
    January 14, 2022
  • 1 Ilustrasi Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga
    Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga Dan Manfaatnya Bagi Organisasi
    December 26, 2021
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori