Kandungan Penting Dalam Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Kandungan Penting Dalam Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas 1
Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Salah satu cara mensyukuri kehamilan adalah dengan memberikan nutrisi yang baik selama mengandung buah hati. Semua ibu sudah pasti ingin anak yang lahir cerdas dan tidak memiliki cacat fisik Berikut adalah, makanan ibu hamil muda agar anak cerdas juga bagus dalam menambah tenaga ibu.

1. Makanan yang Mengandung Omega-3


Omega 3
Omega 3

Berbicara tentang intelegensi anak, makanan mampu berdampak kepada aspek kognitif otak janin. Salah satu kandungan yang baik tentunya ada di Omega-3 yang terkandung dalam lemak nabati maupun hewani. Kandungan omega-3 akan diproses menjadi DHA yang berguna untuk kecerdasan anak.

Kandungan omega-3 tersedia pada makanan telur, kacang-kacangan, biji-bijian, daun pegagan, dan daging merah. Hindari telur pasteurisasi karena bakterinya bisa membahayakan untuk janin. Sumber makanan ibu hamil muda agar anak cerdas lainnya adalah rumput ganggang yang bisa dimasak dan dikonsumsi.

TRENDING:  Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin

2. Makanan yang Mengandung Kalsium dan Vitamin D


Makanan Yang Mengandung Calcium Dan Vitamin D
Makanan Yang Mengandung Calcium Dan Vitamin D

Kandungan gizi tersebut ada pada varian susu termasuk yoghurt dan keju. Selain kalsium dan vitamin D, juga mengandung magnesium, seng, dan zat besi dibutuhkan untuk perkembangan otak. Sayuran hijau, kacang polong, gandum alpukat dan sayuran dengan beta karoten mampu membantu pembangunan saraf-saraf otak.

Buah jeruk dan ikan salmon juga bisa menjadi alternatif vitamin D. Sinar matahari sendiri juga bisa menjadi sumber vitamin D ketika ibu hamil berjalan di naungan cahaya matahari. Terpaan cahaya matahari kepada perut yang hamil dapat mengalirkan vitamin D baik di pagi maupun sore hari.

BACA JUGA:  Rekomendasi Yogurt Untuk Ibu Hamil Yang Paling Aman

3. Memenuhi Asupan Protein


Asupan Protein
Asupan Protein

Ketika hamil, nutrisi dalam tubuh ibu akan dibagikan kepada janin termasuk gizi berupa protein. Untuk itu, protein selama kehamilan dapat ditingkatkan minimal sepuluh gram dari kadar biasanya. Makanan yang mengandung protein bisa ditemukan pada putih telur, keju, yoghurt, daging sapi, juga kacang-kacangan.

Protein sangat penting di trimester kedua dan ketiga. Hal tersebut disebabkan fungsinya yang bisa mengembangkan sel-sel baru yang gugur selama kehamilan. Selain itu, hormon wanita yang sedang mengandung dapat diseimbangkan dengan protein yang banyak. Asam amino dari protein juga bermanfaat untuk susunan sel dalam tubuh bayi, termasuk kepala janin.

RELATED:  Kandungan Penting Dalam Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak

4. Mengonsumsi Kandungan Anti Oksidan


Anti Oksidan
Anti Oksidan

Antioksidan memiliki manfaat yang sangat bagus untuk perkembangan bayi termasuk otaknya. Ibu hamil bisa mendapatkan gizi ini di buah bluberi, stroberi, raspberry, blackberry, juga sayuran hijau. Buah tersebut bisa dikonsumsi dengan dibuat makanan penutup yang manis dengan campuran yoghurt atau susu.

Ibu hamil juga bisa memakai alternatif tomat atau kacang yang kaya akan kandungan antioksidan. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini, janin akan berkembang aspek kognitif otaknya. Selanjutnya, bayi yang lahir akan cerdas karena lengkap gizinya.

5. Melengkapi Gizi Asam Folat


Makanan Yang Mengandung Asam Folat
Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Asam folat dari makanan dapat diubah menjadi kalsium yang berguna bagi ibu dan janin. Sayuran hijau seperti bayam, labu siam, dan kangkung dapat menjadi pilihan makanan yang ramah dan bergizi tinggi. Dengan konsumsi asam folat yang cukup, janin akan terlindung dari potensi kurang sempurna saat keluar dari rahim, bibir sumbing, dan gangguan jantung.

Demikian rekomendasi makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. Sebab itu, ada baiknya bila ibu memelihara asupan gizi saat kehamilan agar anak dapat lahir layaknya anak-anak di sekitarnya. Karena itu, selalu konsumsi yang bergizi. Asupan seribu hari pertama dari anak dalam kandungan hingga usia dua tahun sangat menentukan pertumbuhannya di fase perkembangan selanjutnya.

VIRAL:  Kandungan Penting Dalam Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak
writen by Jayadi Irawan | December 29, 2021


REVIEW POPULER
  • Aplikasi Sadap Wa Pasangan
    5 Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan
    January 31, 2022
  • Ghozali Everyday Kaya Mendadak
    Viral: Ghozali Everyday Kaya Mendadak, Nilai Aset Milyaran Rupiah, Begini Caranya!
    January 15, 2022
  • 5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah
    5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah Di Indonesia
    January 14, 2022
  • 1 Ilustrasi Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga
    Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga Dan Manfaatnya Bagi Organisasi
    December 26, 2021
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori