Mau Dilirik HRD? 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Tips Penulisan!

Mau Dilirik Hrd? 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Tips Penulisan! ? Penulisan! Melamar Pekerjaan
Contoh Melamar Pekerjaan

Mencari sebuah pekerjaan memang tidak semudah untuk membalik tangan. Apalagi zaman sekarang kebutuhan akan lapangan pekerjaan sangat tinggi sehingga kita akan berkompetisi dengan orang lain yang mungkin kemampuannya melebihi kita. Tentu saja ini menjadi problematika tersendiri dalam melamar sebuah pekerjaan.

Syarat diterima dalam melamar pekerjaan tidak hanya memiliki nilai akademis yang tinggi, melainkan juga atitude yang baik dan berdedikasi tinggi untuk sebuah pekerjaan. Salah satu yang menentukan faktor diterima atau tidaknya adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan cerminan diri yang paling awal untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Hal ini karena ketika kita menyusun surat dengan benar, maka interviewer akan dengan mudah untuk membacanya. Tentu saja ini menjadi point penting dan tambahan bagi pelamar pekerjaan.

Lalu bagaimana format surat lamaran kerja yang baik dan menarik bagi HRD? Simak ulasan Kamusmama dibawah ini!

Lampiran Surat Lamaran Kerja


Lembar Cv
Lembar Cv

Surat lamaran kerja akan selalu membutuhkan beberapa lampiran sebagai dokumen pendukung mengenai pengalaman kerja atau keterampilan yang anda miliki. Tentu saja lampiran ini menjadi bukti otentik yang dapat anda tunjukkan kepada interviewer dan HRD tempat anda melamar pekerjaan.

Sebaiknya, lampiran selalu anda tuliskan dan cantumkan pada surat lamaran kerja. Lalu apa saja berkas-berkas yang dapat anda lampirkan? Simak dibawah ini!

  • Daftar Riwayat Hidup (CV)
  • Foto copy ijazah S1
  • Foto copy transkrip nilai
  • Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
  • Pas foto terbaru

Setelah anda mengumpulkan lampiran sebagai dokumen pendukung, maka anda dapat menulis surat lamaran kerja dengan format dibawah ini.

RELATED:  Mau Dilirik HRD? 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja


Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya sebuah permohonan kepada perusaahan dengan tujuan untuk melamar pekerjaan. Surat ini harus dibuat dalam bentuk resmi kepada perusahaan dan merupakan kunci kesuksesan kita untuk diterima kerja.

Ada beberapa hal yang wajib ditulis dalam membuat surat lamaran kerja. Tentu saja ini akan membuat surat lamaran menjadi lebih menarik dan efektif dalam penyampaiannya. Untuk itu, Kamusmama akan menjelaskan struktur yang wajib ada ketika membuat surat lamaran pekerjaan.

Tanggal dan Tempat


Hal pertama yang wajib anda ikut sertakan dalam menulis surat lamaran adalah tanggal dan tempat penulisan surat. Anda dapat menempatkan di kanan atau kiri atas pada surat. Hal yang penting adalah jangan memulai suatu tulisan dengan singkatan. Hal ini tentu akan menjadi penilaian tersendiri.

Tujuan Surat Lamaran, Nama dan Alamat Lengkap dari Perusahaan


Sebaiknya anda menuliskan tujuan dalam menulis surat lamaran, siapa yang dituju! Tulislah dengan kata yang sopan, misalnya "yang terhormat" atau "Yth". Setelah itu tulislah penerima lamaran lengkap dengan jabatannya. Akan menjadi sempurna jika anda menuliskan nama dan alamat lengkap dari perusahaan yang anda tuju.

VIRAL:  Mau Dilirik HRD? 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang

Salam Pembuka dan Kata Pengantar


Salam pembuka menjadi poin penting dalam sebuah surat lamaran kerja. Tujuannya adalah untuk menghormati penerima lamaran karena salam pembuka ditulis "Dengan hormat". Setelah itu, barulah anda menuliskan sumber informasi lowongan yang sedang anda lamar.

Data Diri


Tentu saja data diri menjadi poin vital yang harus anda sertakan dalam surat lamaran pekerjaan. Anda dapat mulai dengan menulis data diri lengkap dengan penulisan yang sesuai dengan EYD,seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat email, dan nomor HP.

Keahlian


Pengalaman kerja atau skill yang dimiliki dan relevan terhadap lowongan menjadi hal yang wajib untuk anda cantumkan. Hal ini karena skill atau pengalaman pekerjaan akan menentukan diterima atau tidaknya sebuah lamaran. Anda dapat menuliskan secara rinci untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penutup


Pada bagian penutup, tulislah harapan anda untuk diterima di perusahaan atau tempat yang anda lamar. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih, lalu menuliskan "Hormat Saya" dan membubuhkan tanda tangan disertai dengan nama lengkap pada bagian akhir.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan


Disamping menggunakan format penulisan yang benar, anda juga harus benar-benar memperhatikan rancangan surat lamaran kerja yang dapat membuat tim rekrutmen tertarik kepada anda. Berikut Kamusmama berikan tips untuk merancang surat lamaran pekerjaan:

Melakukan Riset


Melakukan penelitian secara menyeluruh terhadap perusahaan yang akan dilamar menjadi poin tersendiri saat melamar sebuah pekerjaan. Pasalnya, anda akan mengetahui bagian-bagian tertentu sehingga anda manfaatkan untuk membuat kontribusi yang sangat berharga bagi perusahaan. Anda tidak perlu menyebutkan yang tidak ada hubungannya dengan melamar kerja, pastikan hanya bagian-bagian yang berkesan dan dapat memberikan konstribusi bagi perusahaan.

Etika


Anda pasti tidak ingin surat lamaran kerja hanya dilewati saja oleh tim rekrutmen bukan? Untuk itu, etika dalam penulisan sangat penting untuk dilakukan dan diterapkan dalam surat lamaran. Siapkan semua berkas dan dokumen yang dibutuhkan, susun sesuai dengan urutannya. Jika semuanya telah lengkap, maka anda dapat segera mengirimkan surat lamaran kerja pada perusahaan yang anda tuju. Tentu saja kelengkapan dokumen atau berkas akan menjadi poin plus saat melamar sebuah pekerjaan.

Penulisan Paragraf Pertama dan Terakhir Secara Optimal


Paragraf pertama dan terakhir mejadi sangat krusial dalam penulisan surat lamaran keja 2022. Hal ini karena pada paragraf pertama anda harus menuliskan langsung ke pokok bahasan, seperti tujuan dan menjelaskan mengapa anda menjadi pilihan terbaik.

Sedangkan pada paragraf terakhir merupakan tulisan yang terlihat bahwa anda benar-benar menginginkan pekerjaan itu. Memintalah perusahaan menghubungi jika merasa cocok dengan anda. Pastikan menulis yang menyiratkan bahwa anda tidak terlalu berharap dan putus asa.


Membuat surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan skill anda sangatlah penting dilakukan. Anda harus mencantumkan skill atau keterampilan yang sesuai dengan yang anda miliki dan pekerjaan yang akan dilamar. Disini, anda dapat menuliskan data diri ataupun identitas secukupnya, lalu jelaskan secara terperinci tentang skill yang anda miliki. Jika anda merupakan calon pelamar yang sudah berpengalaman kerja, maka alangkah baiknya jika anda menuliskan bukti nyata tentang kontribusi yang anda berikan pada perusaahan sebelumnya.

Hindari menuliskan hal yang sama persis dengan apa yang anda tulis di CV. Hal ini bertujuaan agar anda dapat membungkus surat lamaran dengan kata-kata yang menarik perhatian. Anda tidak perlu untuk menyebutkan semua kemampuan yang anda miliki dalam surat lamaran, karena CV sudah mewakili hal itu. Cukup tulis dengan ringkas setidaknya tiga atau lima keterampilan terbaik anda.

Kerapian


Penulisan sebuah surat lamaran pekerjaan juga mempengaruhi faktor untuk diterima atau tidak di sebuah perusahaan. Untuk itu, sepatutnya gunakan EYD yang benar dan minimalkan kesalahan dalam pengetikan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru


Berikut ini Kamusmama telah berhasil mengumpulkan beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat anda jadikan sebuah referensi untuk memulai menulis surat lamaran. Tentu saja anda dapat mendownload surat lamaran kerja dalam bentuk microsoft word ataupun gambar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate
Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Berpengalaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Sudah Pengalaman
Contoh Surat Lamaran Kerja Sudah Pengalaman

Contoh Surat Lamaran Kerja Manajer Keuangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Manajer Keuangan
Contoh Surat Lamaran Kerja Manajer Keuangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik
Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

Contoh Surat Lamaran Kerja Bank

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Bank
Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Bank

Contoh Surat Lamaran Kerja Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Email
Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Copywriter

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Copywriter
Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Copywriter

Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Magang
Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Magang

writen by Lili Suryatmi | January 25, 2022


REVIEW POPULER
  • Buah Beet Untuk Ibu Hamil
    Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin
    May 4, 2022
  • 1 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal
    Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik, Langsung Masuk Rekeningmu
    February 8, 2022
  • Cara Membuat Telur Gulung Tepung
    Cara Membuat Telur Gulung Tepung Anti Gagal Terenak
    January 14, 2022
  • Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
    5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Yang Jarang Diketahui!
    January 27, 2022
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori