Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Secara Efektif

Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Secara Efektif
Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Terkadang, masalah keuangan menjadi hal yang selalu hadir dalam kehidupan berumah tangga. Sebab itu, mengelola keuangan rumah tangga secara efektif sangat diperlukan untuk menghindari masalah lainnya, dan ini bukanlah perkara yang mudah.

Ada banyak faktor yang selalu mempengaruhi keuangan dalam keluarga, seperti kebutuhan wajib hingga kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Mengelola keuangan rumah tangga bukan saja tanggung jawab satu orang dalam keluarga, melainkan tanggung jawab bersama. Suami dan istri memiliki peran vital untuk mengatur keuangan.

Mengelola Keuangan Rumah Tangga


Resiko yang terberat jika terjadi masalah dalam keuangan rumah tangga adalah mengganggu keharmonisan keluarga. Lalu bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga yang lebih efektif? Berikut ini Kamusmama berikan tips untuk mengelola keuangan rumah tangga.

1. Pahami Perbedaan Antara Kebutuhan dan Keinginan


Cara pertama yang efektif adalah memahami apa itu perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Saat kita sudah menentukan untuk berumah tangga, maka kita harus mengutamakan kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk menunjang kelangsungan hidup, terlebih jika kita sudah memiliki buah hati.

Tetapi pada kenyataannya, banyak dari kita yang selalu mengalokasikan keuangan pada hal-hal yang bersifat tidak wajib, seperti gadget terbaru, liburan, fashion, dan barang yang bersifat sekunder dan tersier. Bukannya dilarang, tetapi alangkah baiknya jika kita mengalokasikan keuangan untuk memenuhi kebutuhan primer, seperti makan, listrik, transportasi, hingga cicilan hutang. Jadi kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan untuk membuat pengelolaan keuangan keluarga menjadi lebih efektif.

BACA JUGA:  Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Secara Efektif

2. Menghitung Semua Pendapatan


Menghitung semua pendapatan yang masuk selama satu bulan menjadi cara yang efektif untuk mengelola keuangan rumah tangga. Pendapatan ini bukan hanya dari gaji bulanan, melainkan juga termasuk insentif, upah lembur, usaha kecil, dan keuntungan investasi.

Dengan menghitung semua pendapatan dan mengutamakan kebutuhan primer akan mempermudah kita untuk mengalokasikan pendapatan ke kebutuhan yang lainnya.

RELATED:  Pengelolaan Keuangan Keluarga Yang Sehat Dan Transparan

3. Membuat Daftar Prioritas


Buatlah daftar prioritas untuk satu bulan. Cara ini tergolong efektif untuk membantu kita mengelola keuangan rumah tangga karena pengeluaran dana akan jauh lebih tertata. Daftar prioritas untuk satu bulan ini seperti biaya makan perhari, belanja, listrik, tagihan air, transportasi, cicilan hutang, hingga pendidikan anak.

Selain itu, daftar ini akan menjadi alarm bagi kita untuk selalu mengutamakan prioritas kebutuhan primer dari pada kebutuhan sekunder dan tersier.

4. Dana Darurat


Setidaknya dalam rumah tangga, kita harus selalu menyiapkan dana darurat yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Hal ini karena saat menjalani kehidupan berumah tangga, kita tidak selalu menemui jalan yang mulus.

Banyak hal yang bisa terjadi, seperti anak sakit, kecelakaan, PHK, dan krisis berskala besar. Jika salah satu hal terjadi, maka saat itulah dana darurat akan kita keluarkan tanpa mengambil dana yang telah diprioritaskan untuk kebutuhan rumah tangga.

VIRAL:  Pengelolaan Keuangan Keluarga Yang Sehat Dan Transparan

5. Jaga Rasio Hutang


Hal yang perlu dilakukan untuk mengelola keuangan rumah tangga yang lebih efektif adalah menjaga rasio hutang. Hal ini karena jika kita selalu menambah hutang, maka pengeluaran bulanan menjadi lebih membengkak menyebabkan keuangan rumah tangga menjadi terganggu.

Sebenarnya, menghindari hutang akan membuat keuangan rumah tangga menjadi lebih stabil. Tentu saja, ada hal-hal tertentu yang membuat kita menjadi memiliki hutang. Jika demikian, alangkah baiknya jika kita selalu menjaga rasio hutang, sebisa mungkin rasionya tidak lebih besar dari 30% pendapatan anda.

6. Tabungan, Asuransi, dan Investasi


Menabung
Menabung

Selain memiliki dana darurat, sebaiknya anda juga harus mengalokasian dana penghasilan untuk keperluan menabung, investasi, hingga asuransi. Ketiga poin ini termasuk cara mengelola keuangan rumah tangga yang efektif.

Tabungan keluarga akan berguna di masa depan, dan dapat digunakan untuk masa-masa darurat. Sedangkan investasi dapat digunakan untuk tabungan dalam jangka panjang yang mana uang anda tidak akan habis begitu saja. Asuransi jelas untuk melindungi diri dan aset yang kita miliki, seperti asuransi mobil syariah dan asuransi kesehatan syariah.

Tak perlu ragu untuk melakukan enam poin diatas, hal ini bertujuan untuk pengelolaan keuangan rumah tangga yang lebih baik, efektif, dan tertata. Semoga bermanfaat!

writen by Jayadi Irawan | January 15, 2022


REVIEW POPULER
  • Buah Beet Untuk Ibu Hamil
    Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin
    May 4, 2022
  • 1 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal
    Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik, Langsung Masuk Rekeningmu
    February 8, 2022
  • Cara Membuat Telur Gulung Tepung
    Cara Membuat Telur Gulung Tepung Anti Gagal Terenak
    January 14, 2022
  • Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
    5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Yang Jarang Diketahui!
    January 27, 2022
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori