10 Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter Terbaik Dan Ampuh Melawan Virus

10 Rekomendasi Air Purifier Hepa Filter Terbaik Dan Ampuh Melawan Virus 1
Rekomendasi Air Purifier Hepa Filter

Virus adalah menjadi ancaman yang harus diwaspadai, apalagi pada saat ini pandemi Covid-19. Air purifier atau biasa disebut dengan pembersih udara adalah solusi yang tepat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus. Alat ini dapat membersihkan udara dari virus-virus ataupun bakteri yang berterbangan di ruangan.

Air purifier yang didukung dengan HEPA Filter dapat mengurangi konsentrasi dari virus Covid-19 sebanyak 80% di udara dan waktu yang dibutuhkan hanya 30 menit saja. Hal ini persis seperti yang dikatakan oleh Centers for Disease Control USA. Keunggulan dari HEPA Filter adalah dapat menghilangkan bau tidak sedap, asap rokok, dan polusi udara. Tertarik untuk membelinya?

Memilih Air Purifier


Tipe Air Purifier
Tipe Air Purifier

Sebelum anda membeli produk semacam ini, sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa cara untuk memilih air purifier HEPA filter terbaik. Berikut ini dapat anda simak penjelasan versi Kamusmama.

1. Tipe Air Purifier


Ada dua tipe dari air purifier, hal ini berdasarkan jangkauan dari alat tersebut. Untuk itu, anda harus menyesuaikan tipe air purifier dan besar ruangan yang akan anda gunakan.

Lebih jauh, tipe yang pertama adalah fan air purifier. Ini adalah tipe yang paling umum digunakan untuk menyaring udara. Di dalam air purifier tipe ini terdapat kipas yang berfungsi untuk mendorong udara ke dalam filter sehingga udara yang keluar akan terbebas dari debu dan bau.

Banyak model dan ukuran dari tipe ini, anda harus memilih sesuai dengan ukuran ruangan yang anda punyai. Harganya pun relatif dapat dijangkau kantong saku anda. Perawatan fan air purifier cukup mudah, anda hanya perlu mengganti filter secara teratur.

Ion generator air purifier adalah tipe yang ke dua. Ukuran dari tipe ini lebih kecil dari pada tipe fan air purifier karena hanya efektif digunakan untuk ruangan kecil, seperti di dalam mobil atau toilet.

RELATED:  10 Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter Terbaik Dan Ampuh

Tipe ini menghasilkan ion negatif yang sangat berguna untuk membersihkan, menetralkan, dan menjernihkan udara. Kekurangan dari ion generator air purifier adalah tidak terlalu efektif untuk membersihkan udara karena ukurannya yang kecil, tetapi mudah untuk dibawa kemanapun.

2. Area Jangkauan


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih efektif, anda harus memastikan bahwa air purifier yang akan dibeli mampu menjangkau seluruh ruangan. Hal ini biasa disebut dengan applicable floor space yang merupakan istilah luas ruangan yang mampu dibersihkan. Waktu yang dibutuhkan adalah 30 menit untuk membersihkan udara. Semakin luas jangkauan dari applicable floor space maka semakin cepat udara akan dibersihkan.

Untuk itu, anda harus menyesuaikan air purifier yang akan anda gunakan di dalam ruangan. Dengan begitu, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dari air purifier.

3. Volume Yang Dihasilkan


Besarnya kapasitas udara yang dikeluarkan oleh air purifier akan mempengaruhi seberapa cepat pembersihan udara dapat dilakukan dengan cepat. Makin besar volume, makin cepat udara bersih, dan begitu sebaliknya.

VIRAL:  10 Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter Terbaik Dan Ampuh

Tetapi perlu anda ketahui bahwa semakin besar volume udara yang dihasilkan, maka akan semakir besar pula daya listrik yang digunakan. Untuk itu, fungsi timer pada air purifier menjadi sangat penting sebagai fitur untuk menghemat listrik. Tetapi, tidak semua merek dari air purifier dilengkapi dengan fitur timer.

4. HEPA Filter


Hepa Filter
Hepa Filter

HEPA adalah kependekan dari high efficiency particulate air yang berguna untuk menambah keefektifan pada kinerja air purifier. Filter ini bekerja untuk menghilangkan 99% partikel kecil yang berukuran hingga 0,3 μm. Ini sangat menguntungkan untuk orang yang memiliki alergi bunga ataupun debu. Perlu diketahui bahwa debu memiliki ukuran sebesar 10–40 μm dan serbuk sari bunga sebesar 30–40 μm.

Saat ini, sudah banyak produsen air purifier yang melengkapi produknya dengan HEPA filter, seperti Panasonic, LG, Xiaomi, dan lainnya.

5. Fitur Lainnya


Ada beberapa fitur tambahan lainnya yang biasa diberikan produsen air purifier untuk melengkapi produknya, seperti Dust sensor, Odor Sensor, dan Humidifikasi.

Dust sensor berguna untuk menyaring debu di dalam ruangan. Debu dapat masuk ke dalam ruangan melalui ventilasi atau jendela yang terbuka. Dengan adanya fitur ini, maka anda yang memiliki alergi tidak perlu khawatir, pasalnya dust sensor ini sangat efektif untuk menyaring debu ataupun serbuk sari bunga.

Odor sensor berfungsi untuk mendeteksi bau yang tidak sedap. Fitur ini secara otomatis memerintahkan air purifier untuk segera membersihkan udara sekitar. Jika anda seorang perokok atau memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, maka produk dengan fitur ini sangat cocok untuk digunakan.

Humidifikasi berfungsi untuk menjaga kelembaban udara di dalam ruangan agar tidak terlalu kering atau terlalu lembab. Dengan adanya fitur ini, anda akan terhindar dari resiko batuk karena udara kering atau lembab.

Rekomendasi Air Purifier HEPA Filter


Berikut ini Kamusmama akan memberikan 10 rekomendasi air purifier terbaik yang ampuh untuk melawan virus, seperti merek Sharp, Panasonic, LG dan lainnya. Yuk simak rekomendasi air purifier dibawah ini.

1. Coway Storm AP-1516D


Coway Storm Ap 1516d
Coway Storm AP-1516D

Coway merupakan produsen terkenal dibidang air purifier yang mana dengan produknya Coway Storm AP-1516D mampu memikat konsumennya. Produk ini memiliki HEPA Filter 0,001 μm sehingga sangat efektif untuk menyaring virus, debu rumah, dan polusi udara. Selain itu, tingkat kebisingan dari produk ini dibawah 50 db sehingga telinga anda akan terasa nyaman. Produk ini dapat menjangkau ruangan sebesar 49.5 m².

Konsumsi listrik dari Coway Storm AP-1516D adalah 45 Watt, cukup ringan dikantong. Selain itu, Coway menyematkan deodorization filter untuk menghilangkan bau dan gas yang berbahaya. Dengan fitur yang komplit, produk ini dibandrol cukup mahal yaitu mulai dari 8 jutaan Rupiah.

2. Mi Air Purifier 3H


Mi Air Purifier 3h
Mi Air Purifier 3H

Xiaomi mengerti kebutuhan konsumen, maka produsen ini mengeluarkan produk bernama Mi Air Purifier 3H. Ini merupakan salah satu produk smart home yang dapat connect-kan langsung dengan smartphone. HEPA filter menjadi andalan untuk menyaring debu dan polutan udara.

Anda juga dapat mengatur kecepatan kipas pada saat membersihkan udara dari smartphone yang telah terkonek dengan Mi Air Purifier 3H. Xiaomi juga telah menyematkan sensor untuk mendekteksi kualitas udara. Tampilan dari produk ini cukum minimalis dan simpel untuk ditaruh dimanapun. Sedangkan jangkauan dari produk ini adalah 40 m². Harga dari produk Xiaomi ini cukup ramah di kantong, yaitu Rp 2.175.000.

3. Crane 4IN1 TRUE HEPA Air Purifier Humidifier


Crane 4in1 True Hepa Air Purifier Humidifer
Crane 4in1 True Hepa Air Purifier Humidifier

Crane merupakan produsen terkenal yang dapat mengerti kebutuhan konsumennya. Mereka mengeluarkan produk dengan empat fungsi sekaligus. Keempat fungsi itu adalah air purifier, warm mist humidifier, cool mist humidifier, dan aroma diffuser. Produk ini mampu menghisap debu, virus, hingga bakteri sebanyak 99,7% karena adanya HEPA filter.

Fungsi dari humidifier adalah dapat membantu untuk meringankan gejala batuk dan pilek yang disebabkan oleh udara yang kering. Selain itu, Crane melengkapi produk ini dengan mode UV untuk membunuh kuman. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 2.490.000, anda dapat membeli air purifier ini.

4. LG PuriCare 360° Air Purifier


Lg Puricare 360 Air Purifier
LG Puricare 360° Air Purifier

LG juga tak kalah dalam mengeluarkan produk. LG PuriCare 360° Air Purifier dilengkapi dengan sistem penyaringan terbaik yaitu menggabungkan H13 Grade HEPA Filter dan Ionizer, sehingga mampu mengeliminasi bakteri virus dengan lebih efektif untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada keluarga anda.

Selain itu, produk dari LG ini dapat menyerap aroma yang tidak sedap dengan adanya deodorization filter. Smart indicator juga menjadi fitur tambahan untuk memberikan informasi tentang kualitas udara pada ruangan anda. Harganya cukup mahal dibandingan merek air purifier lainnya, anda harus merogoh kantong seharga Rp 16.990.000.

5. Air Purifier Panasonic F-PXF35A


Air Purifier Panasonic F Pxf35a
Air Purifier Panasonic F-PXF35A

Luas ruangan yang udaranya mampu dibersihkan oleh Air Purifier Panasonic F-PXF35A sebesar 42 m². Teknologi nanoe dan HEPA filter menjadi andalan dari perangkat Panasonic ini mampu membunuh 99% virus dan bakteri di udara. Teknologi nanoe dapat membantu kita dalam menjaga kelembaban kulit. Selain itu, produk air purifier ini juga dapat mengatasi bau yang tidak sedap, seperti bau rokok.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang listrik yang akan dihabiskan, Air purifier merek ini hanya menggunakan 20 Watt sehingga cukup meringankan. Harganya cukup murah menurut Kamusmama, yaitu sebesar Rp 2.501.800.

6. Air Purifier FP-JM30Y-B with Mosquito Catcher


Air Purifier Fp Jm30y B With Mosquito Catcher
Air Purifier FP-JM30Y-B with Mosquito Catcher

Produk keluaran Sharp ini agak berbeda dari kompetitornya dengan mengeluarkan Air Purifier FP-JM30Y-B with Mosquito Catcher. Dilengkapi dengan penangkap nyamuk atau Mosquito Catcher, anda pun tidak perlu khawatir terhadap penyakit yang ditimbulkan gigitan nyamuk.

Hanya saja jangkauan area yang mampu ditangani oleh produk air purifier dari Sharp ini hanya 23 m², berbeda luasnya dari yang lainnya. Fitur lain yang disematkan Sharp pada produk ini adalah ANTI Dust Mode, Filter Replacement Indicator, dan HEPA Filter Lifetime (dapat bertahan hingga 2 tahun). Dengan mengeluarkan Rp 2.599.000, ada sudah dapat membeli produk air purifier dari Sharp ini.

7. Air Purifier Philips 3000i Series AC3033/10


Air Purifier Philips 3000i Series Ac3033 10
Air Purifier Philips 3000i Series AC3033/10

Philips juga ikut mengeluarkan produk barunya yaitu Air Purifier Philips 3000i Series AC3033/10, yang mana produk ini mampu menjangkau 135 m² luas area ruangan. Waktu yang dimiliki produk ini untuk menghilangkan virus, polutan, dan allergen hanya dengan 6 menit saja.

Air purifier bermerek Philips ini dilengkapi dneegan prafilter, NanoProtect HEPA, dan filter karbon aktif yang dapat menangkap partikel hingga ukurang 0.003 μm. Anda juga dapat mengendalikan produk ini dari jauh berkat adanya aplikasi Clean Home+ yang dapat diinstal pada IOS ataupun Android. Harganya cukup mahal yaitu Rp 7.299.000.

8. AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow


Ax60r Air Purifier With 3 Way Airflow
AX60R Air Purifier With 3 Way Airflow

Produk dari Samsung ini mampu membersihkan dan menjaga kualitas udara di ruangan dengan luas cakupan area 60 ㎡. AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow juga dilengkapi dengan Dust Sensor, Odor Sensor, Off Time Setting, dan Child-Care Lock. Produk air purifier dari Samsung ini hanya mengkonsumsi listrik sebesar 60 Watt.

Yang pasti HEPA filter dari Samsung mampu menyaring debu berukuran kecil, virus, dan bakteri hingga 99.97%. Anda dapat menempatkan air purifier ini di ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur sekalipun. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3.499.000 untuk memiliki perangkat ini.

9. HITACHI EP-A9000


Hitachi Ep A9000
Hitachi EP A9000

Kualitas premium yang dikeluarkan oleh merek Hitachi adalah EP-A9000. Produk air purifier ini dapat menjangkau area yang luas (68 m²). Filter HEPA, sesor debu, sensor bau, dan humidifikasi menjadi fitur utama dari produk Hitachi. Konsumsi listriknya hanya 85 Watt pada setelan maksimal.

Karena produk ini bertipe fan air purifier maka Hitachi telah menambahkan mode senyap untuk mengantisipasi kebisingan yang ditimbulkan oleh perangkat. Fitur yang sangat penting adalah adanya Allergy UK Seal of Approval yang sangat aman digunakan untuk anda yang memiliki alergi. Harganya cukup mahal untuk mendapatkan produk ini, anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.990.000.

10. Daikin Air Purifier MC30VVM-H


Daikin Air Purifier Mc30vvm H
Daikin Air Purifier MC30VVM-H

Produk Air Purifier MC30VVM-H dari Daikin ini memiliki jangkauan area seluas 21,5 m². Cukup kecil dibanding kompetitor lainnya, dan harganya cukup murah yaitu sekitar Rp 1.820.000.

AI (artificial intelligence) menjadi andalan untuk mengatur tingkat kelembaban secara otomatis. Dengan begitu, udara disekitar anda tidak terlalu lembab atau terlalu kering.

Tentu saja produk bermerek Daikin ini dibekali dengan HEPA filter dan bertipe fan air purifier. Perangkat ini hanya membutuhkan maksimal 16 Watt untuk konsumsi listrik rumah tangga.

Kesimpulan


Air Purifier memiliki banyak tipe dan fungsi. Anda harus dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda dan luas ruangan yang anda miliki. Dengan memiliki perangkat modern air purifier ini, anda akan terhindar dari alergi, virus, bakteri, dan debu yang bertebaran di udara.

Ya tentu saja, semakin lengkap fitur yang diberikan, maka harga dari sebuah air purifier akan semakin mahal, seperti yang telah Kamusmama sebutkan diatas. Pastikan pilih yang sesuai kebutuhan, ya!

writen by Agnes Palastri | January 4, 2022


REVIEW POPULER
  • Aplikasi Sadap Wa Pasangan
    5 Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan
    January 31, 2022
  • Ghozali Everyday Kaya Mendadak
    Viral: Ghozali Everyday Kaya Mendadak, Nilai Aset Milyaran Rupiah, Begini Caranya!
    January 15, 2022
  • 5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah
    5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah Di Indonesia
    January 14, 2022
  • 1 Ilustrasi Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga
    Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga Dan Manfaatnya Bagi Organisasi
    December 26, 2021
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori