Langkah Cara Memperbaiki Teflon Yang Mengelupas

Langkah Cara Memperbaiki Teflon Yang Mengelupas 01 Terkelupas
Memperbaiki Teflon Terkelupas

Teflon yang sering digunakan untuk memasak, menumis, dan menggoreng akan menjadi cepat rusak. Salah satu tanda rusaknya teflon yaitu lapisan anti lengket yang tergores atau pun mengelupas. Jika sudah begitu jangan beli baru, lalukanlah cara memperbaiki teflon yang mengelupas dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Langkah cara yang akan dibahas di bawah ini sudah pasti aman untuk dilakukan. Melapisi teflon yang lapisannya terbuat dari bahan seperti besi maupun keramik akan membuat lapisan tidak lengket. Lapisan ini tentu membutuhkan perawatan dan cara penggunaan yang tepat agar tidak mudah mengelupas. Jika sudah mengelupas lakukan langkah berikut ini untuk memperbaikinya:

TRENDING:  3 Cara Menambal Panci Bocor Dengan Bahan Dan Alat

1. Panaskan Oven


Memanaskan Oven
Memanaskan Oven

Langkah awal untuk memperbaiki teflon yang mengelupas yaitu memanaskan oven. Oven ini digunakan untuk memanaskan teflon yang sudah dilapisi bahan berlemak agar proses pelapisan berjalan lancar. Suhu pemanasan oven sekitar 180° C. Pastikan saat memanaskan teflon, di dalam oven tidak sedang memanggang masakan.

Oven yang sedang digunakan untuk memanggang jika dilakukan bersamaan untuk memanaskan teflon akan mengakibatkan kegagalan pada lapisan teflon. Uap dari bahan makanan yang dipanggang akan mempengaruhi proses pemanasan teflon untuk membuat lapisan anti lengketnya.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru

2. Lakukan Pencucian Dan Pengeringan Teflon


Mencuci Teflon
Mencuci Teflon

Bersihkan lapisan teflon yang mengelupas dengan sikat dan sabun cair. Gosok merata dengan lembut dan jangan gosok dengan kasar. Bilas dengan air bersih dan lap teflon dengan kain lap. Pastikan teflon dilap sampai benar-benar kering dan jangan lembap.

Jika teflon sudah dilapisi maka jangan lakukan langkah ini karena akan merusak lapisan anti lengketnya. Bahan yang digunakan untuk membersihkan hanya sabun cair dan jangan tambahkan bahan lain atau menggunakan bahan lain agar lapisan teflon tetap bagus.

RELATED:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

3. Lakukan Pelapisan Teflon Dengan Bahan Berlemak


Melapisi Teflon
Melapisi Teflon

Pelapisan teflon dapat menggunakan bahan yang memiliki lemak seperti mentega padat atau vegetable shortening. Jika ingin lapisan teflon dengan minyak zaitun juga diperbolehkan. Cara melapisinya dengan menggunakan kuas yang halus dan bersih. Ratakan lemak di seluruh bagian teflon sampai benar-benar rata.

Tahap selanjutnya setelah teflon terlapisi lemak dengan sempurna ialah menggosok lapisan minyak tersebut dengan tisu kering. Gosok dengan lembut dan pastikan semua bagian teflon yang dilapisi lemak kering.

BACA JUGA:  Langkah Cara Memperbaiki Teflon Yang Mengelupas

4. Masukkan Teflon Ke Dalam Oven


Tahap berikutnya yaitu memasukkan teflon yang sudah dilapisi ke dalam oven yang sudah dipanaskan tadi. Oven harus benar-benar panas dan tidak sedang memanggang makanan apa pun. Pemanasan teflon ini dilakukan selama kurang lebih 30 menit.

Tunggu sampai proses pemanasan ini berjalan dengan baik. Setelah 30 menit pemanasan ambil, teflon dengan hati-hati. Dinginkan teflon yang sudah terlapisi ini sampai dingin dan teflon tersebut siap digunakan kembali.

VIRAL:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

5. Ulangi Cara Di Atas


Lapisan Teflon Anti Lengket
Lapisan Teflon Anti Lengket

Untuk mendapatkan lapisan anti lengket yang sempurna lakukan cara-cara di atas lebih dari satu kali. Mengulangi cara di atas setidaknya dua sampai tiga kali agar lapisan anti lengket bisa terbentuk dan teflon bisa awet. Lapisan lemak yang dilapiskan pada teflon jangan hanya satu lapis agar minyak bisa meresap dan membuat lapisan anti lengket.

Pastikan cara perawatan dan penggunaan teflon keramik atau besi sesuai dengan kebutuhan agar lapisan teflon tetap awet. Lakukan proses pelapisan dengan lemak ini secara berkala agar lapisan anti lengket yang dibuat tidak cepat mengelupas.

Cara memperbaiki teflon yang mengelupas ini tidak akan awet jika penggunaan dan pencuciannya dilakukan secara asal-asalan. Rawatlah teflon secara berkala dan gunakan sesuai peruntukannya. Cara penyimpanan juga akan mempengaruhi keawetan lapisan anti lengket. Jika teflon sudah lengket lagi, gunakan cara di atas untuk memperbaikinya.

writen by Damu Setiawan | December 4, 2021


REVIEW POPULER
  • Buah Beet Untuk Ibu Hamil
    Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin
    May 4, 2022
  • 1 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal
    Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik, Langsung Masuk Rekeningmu
    February 8, 2022
  • Cara Membuat Telur Gulung Tepung
    Cara Membuat Telur Gulung Tepung Anti Gagal Terenak
    January 14, 2022
  • Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
    5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Yang Jarang Diketahui!
    January 27, 2022
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori