7 Perbedaan Microwave Dan Oven Yang Perlu Dicermati

7 Perbedaan Microwave Dan Oven Yang Perlu Dicermati
Perbedaan Microwave Dan Oven

Microwave dan oven merupakan alat dapur yang memiliki manfaat yang sama yaitu memanaskan makanan dengan suhu yang tinggi. Meskipun memiliki manfaat yang sama, namun sebenarnya kedua alat ini memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut mulai dari fungsi hingga hasil makanan yang dipanaskan. Adapun perbedaan microwave dan oven secara lebih rinci, di antaranya:

1. Fungsi


Bentuk Oven
Bentuk Oven

Microwave meskipun digunakan untuk memanaskan namun kadang tidak memiliki fungsi untuk memanggang atau pembakaran. Pada umumnya microwave digunakan untuk memanaskan makanan tertentu saja. Sementara untuk oven sendiri dapat digunakan selain untuk memanaskan juga untuk memanggang. Terlebih, jika akan membuat kue dengan panas yang tinggi agar lebih mengembang, maka sebaiknya gunakan oven.

2. Ukuran


Microwave Dan Oven Berbeda Ukuran
Microwave Dan Oven Berbeda Ukuran

Dari segi ukuran microwave dan oven memiliki perbedaan. Pada oven jika semakin kecil ukurannya maka daya yang dibutuhkan akan semakin kecil. Maka makanan yang dipanggang hanya bisa makanan-makanan kecil seperti kue kering. Namun, tersedia juga jenis oven besar yang dapat digunakan untuk memanggang ayam, kue hingga pizza.

TRENDING:  3 Cara Menambal Panci Bocor Dengan Bahan Dan Alat

Sementara untuk microwave umumnya tidak pernah lebih dari 30 liter, karena memang fungsinya hanya untuk memanaskan makanan cepat saji. Sehingga terkadang ukurannya pun tidak jarang dibuat minimalis.

3. Jenis


Bentuk Microwave
Bentuk Microwave

Oven memiliki jenis yang beragam sesuai dengan masing-masing fungsinya. Di antara jenis-jenis oven yang kerap digunakan yaitu oven konvensional, konveksi, listrik, gas dan oven kompor. Sedangkan untuk microwave hanya memiliki tiga jenis di antaranya yaitu microwave biasa, grill microwave, dan convection microwave. Dilihat dari jenisnya oven memiliki keunggulan karena memiliki banyak jenis dan fungsi yang beragam.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru

4. Cara Kerja


Hasil Masakan Microwave
Hasil Masakan Microwave

Perbedaan microwave dan oven juga terletak pada cara kerjanya. Sumber panas yang dihasilkan oven yaitu gas atau kompor. Panas yang bersumber dari gas atau kompor ini kemudian akan menyebar ke seluruh bagian oven sehingga dapat memanggang makanan di dalamnya. Sedangkan untuk microwave sumber panasnya berasal dari energi listrik. Di mana energi listrik yang dihasilkan tidak sepanas yang dihasilkan menggunakan gas.

5. Hasil Masakan


Oleh karena oven dan microwave cara kerjanya berbeda makan hasil masakannya pun tentu berbeda. Ketika menggunakan oven hasil masakan akan lebih renyah dan matang merata. Hal ini karena panas yang dihasilkan oven akan membuat makanan matang lebih baik. Sementara itu, hasil masakan menggunakan microwave makanan akan lebih kering dan sulit matang. Ini disebabkan karena fungsi microwave itu sendiri yang terbatas hanya sebagai pemanas.

RELATED:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

6. Kecepatan Proses Pemanasan


Proses Pemanasan Oven
Proses Pemanasan Oven

Meskipun microwave tidak dapat digunakan untuk memanggang makanan, namun microwave jauh lebih cepat jika digunakan untuk memanaskan makanan. Ini disebabkan karena microwave memang dirancang hanya untuk memanaskan makanan saja. Sehingga elemen-elemen yang digunakan di dalamnya dibuat agar dapat memanaskan makanan dengan lebih baik dan cepat. Sementara untuk oven, tergantung pada jenis oven yang digunakan. Apabila menggunakan oven listrik maka proses pemanasan akan jauh lebih lama.

7. Energi Listrik yang Dibutuhkan


Perbandingan Konsumsi Listrik
Perbandingan Konsumsi Listrik

Untuk energi listrik yang dibutuhkan pada oven jauh lebih besar karena oven akan bekerja memanaskan seluruh sudut dalam oven, kemudian menyalurkannya pada makanan. Sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunggu hingga panas. Sementara pada microwave tidak terlalu membutuhkan banyak energi listrik karena pengaturannya telah diefisienkan.

BACA JUGA:  Langkah Cara Memperbaiki Teflon Yang Mengelupas

Sebelum memilih membeli oven atau microwave ada baiknya cari tahu terlebih dahulu perbedaan keduanya. Artikel mengenai perbedaan microwave dan oven di atas dapat dijadikan referensi sebelum membeli salah satu peralatan dapur ini. Baik oven maupun microwave keduanya memiliki keunggulan, jadi tinggal sesuaikan dengan keperluan dan keinginan!

writen by Jayadi Irawan | December 17, 2021


REVIEW POPULER
  • Aplikasi Sadap Wa Pasangan
    5 Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan
    January 31, 2022
  • Ghozali Everyday Kaya Mendadak
    Viral: Ghozali Everyday Kaya Mendadak, Nilai Aset Milyaran Rupiah, Begini Caranya!
    January 15, 2022
  • 5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah
    5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah Di Indonesia
    January 14, 2022
  • 1 Ilustrasi Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga
    Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga Dan Manfaatnya Bagi Organisasi
    December 26, 2021
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori