6 Panduan Cara Menggunakan Kompor Listrik Untuk Pemula

6 Panduan Cara Menggunakan Kompor Listrik Untuk Pemula 01 Ilustrasi
Ilustrasi Menggunakan Kompor Listrik

Kompor merupakan alat dapur yang penting, seiring dengan perkembangan zaman maka kompor juga semakin bermacam-macam. Ada kompor minyak, kompor gas hingga kompor listrik. Bagi pemula, menggunakan kompor listrik mungkin membingungkan. Cara menggunakan kompor listrik memang sedikit berbeda dengan kompor lainnya.

Sesuai namanya, kompor listrik ini memang menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas. Sebagai alat elektronik, penggunaan kompor listrik ini tak boleh sembarangan. Berikut ini cara menggunakannya agar tidak salah:

1. Memastikan Daya Listrik Memadai


Daya Kuat Untuk Kompor Listrik
Daya Kuat Untuk Kompor Listrik

Biasanya kompor listrik ini membutuhkan daya sekitar 700-2000 watt. Oleh sebab itu pastikan bahwa daya listrik di rumah memadai untuk menggunakan alat yang satu ini. Sebab jika tidak, maka akan menyebabkan mati listrik atau bahkan hal-hal yang tidak diinginkan.

TRENDING:  3 Cara Menambal Panci Bocor Dengan Bahan Dan Alat

Jika memiliki daya listrik yang terbatas maka pengguna bisa mensiasati dengan cara mematikan beberapa saluran listrik yang sedang tidak dipakai. Dengan demikian pengguna bisa menggunakan kompor listrik dengan aman. Namun hal tersebut tidak perlu dirisaukan jika rumah pengguna memiliki daya listrik yang besar.

2. Menyalakan kompor


Menyalakan Kompor Listirk
Menyalakan Kompor Listirk

Untuk menyalakan kompor listrik memerlukan adanya aliran listrik. Oleh sebab itu pengguna harus menghubungkan kompor dengan saluran listrik dengan cara menancapkan steker ke stop kontak. Setelah itu klik tombol on yang ada di kompor untuk menyalakan kompor listrik. Dengan demikian kompor listrik sudah siap untuk digunakan.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru

3. Menyesuaikan Suhu Kompor Listrik


Mengatur Suhu Pada Kompor Listrik
Mengatur Suhu Pada Kompor Listrik

Bagi pemula, cara menggunakan kompor listrik untuk memasak mungkin membingungkan. Sebab kompor listrik tidak menghasilkan api sungguhan yang keluar dari tungku kompor. Namun mengalirkan energi panas dari kompor ke alat yang digunakan untuk memasak.

Pada kompor listrik terdapat beberapa metode memasak yaitu, menggoreng, merebus dan menghangatkan makanan. Ketiga metode tersebut akan menentukan suhu yang dikeluarkan oleh kompor. Dengan memilih metode tersebut pengguna tidak perlu lagi mengira berapa suhu yang diperlukan untuk memasak sebuah makanan.

RELATED:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

4. Menggunakan Timer


Mengatur Timer Pada Kompor Listrik
Mengatur Timer Pada Kompor Listrik

Selain mengatur suhu yang digunakan untuk memasak, pengguna juga bisa mengatur timer. Kompor listrik memiliki fitur timer yang bisa digunakan untuk menurunkan suhu atau mematikan kompor secara otomatis. Dengan demikian maka pengguna bisa memasak sembari melakukan aktivitas lain tanpa perlu khawatir masakan gosong dan sebagainya.

5. Mencabut Kabel Listrik Setelah Digunakan


Mencabut Kabel Kompor Listrik
Mencabut Kabel Kompor Listrik

Kompor listrik memang lebih aman digunakan terutama jika memiliki anak-anak sebab kompor ini tidak menghasilkan api. Namun alat ini juga bisa berbahaya jika tidak teliti dalam menggunakannya. Pastikan untuk selalu mencabut kabel kompor listrik dari stop kontak apabila telah selesai digunakan.

BACA JUGA:  Langkah Cara Memperbaiki Teflon Yang Mengelupas

Hal tersebut karena panas yang dihasilkan oleh kompor listrik ini bisa bertahan lebih lama meskipun sudah dimatikan. Dengan demikian mencabut kabel dari stop kontak dapat mempercepat proses pendinginan dari kompor listrik yang telah digunakan. Selain itu dengan mencabut kabel dapat menghindari kemungkinan terjadi korsleting.

6. Membersihkan Kompor Listrik


Membersikan Kompor Listrik
Membersikan Kompor Listrik

Selain menggunakannya untuk memasak, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kompor listrik agar tetap awet. Untuk perawatan kompor listrik tersebut tidaklah sulit dan cenderung sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengelap bagian-bagian yang kotor dengan menggunakan lap microfiber dan cairan pembersih.

VIRAL:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

Itu tadi adalah cara menggunakan kompor listrik untuk pengguna. Setelah menyimak ulasan di atas tentu menggunakan kompor listrik bukan lagi hal yang sulit. Selain itu menggunakan kompor listrik juga lebih praktis sebab tidak perlu repot mengganti tabung gas, hanya dengan menghubungkan kompor dengan aliran listrik maka kompor sudah menyala.

writen by Wage Waskita | December 6, 2021


REVIEW POPULER
  • Aplikasi Sadap Wa Pasangan
    5 Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan
    January 31, 2022
  • Ghozali Everyday Kaya Mendadak
    Viral: Ghozali Everyday Kaya Mendadak, Nilai Aset Milyaran Rupiah, Begini Caranya!
    January 15, 2022
  • 5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah
    5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah Di Indonesia
    January 14, 2022
  • 1 Ilustrasi Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga
    Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga Dan Manfaatnya Bagi Organisasi
    December 26, 2021
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori