3 Cara Menambal Panci Bocor Dengan Bahan Dan Alat Sederhana

3 Cara Menambal Panci Bocor Dengan Bahan Dan Alat Sederhana Ilustrasi
Ilustrasi Panci Bocor

Pernah mengalami panci bocor saat akan memasak? Jika ya, tidak perlu khawatir lagi karena disini akan dijelaskan tentang cara menambal panci bocor dengan bahan dan alat sederhana. Daripada penasaran, lebih baik langsung baca artikelnya di bawah ini:

Memanfaatkan Pasta Gigi


Pasta Gigi
Pasta Gigi

Cara yang pertama yaitu dengan memanfaatkan pasta gigi bekas. Pasta gigi rupanya memiliki manfaat lain yang bisa jadi belum banyak diketahui oleh banyak orang awam. Salah satu manfaat pasta gigi adalah dapat digunakan sebagai bahan untuk menambal panci yang bocor. Tetapi, bagaimana cara yang benar untuk menggunakannya?

1. Mencari Aluminium Pasta Gigi


Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tentunya memiliki pasta gigi bekas. Cari alumunium yang berasal dari bekas tabung pasta gigi terlebih dahulu. Namun, sebelum itu perlu membersihkan panci yang bocor terlebih dahulu dengan memakai amplas. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya kotoran atau lemak yang menempel yang nantinya dapat menghambat proses penambalan.

TRENDING:  3 Cara Menambal Panci Bocor Dengan Bahan Dan Alat

2. Menambahkan Lem


Langkah yang kedua yaitu menambahkan lem. Gunting tabung bekas pasta gigi tersebut kemudian buang isinya dengan cara dikerok dengan menggunakan koin supaya lebih mudah. Lalu, tambahkan lem di permukaan aluminium yang sudah digunting sebelumnya. Kemudian tempelkan di permukaan bagian panci yang bocor.

3. Pengaplikasian


Langkah ketiga yaitu pengaplikasian. Setelah menambahkan lem di bagian yang bocor, tunggu hingga lem tersebut kering selama kurang lebih 15 menit saja. Setelah potongan alumunium tadi sudah merekat sempurna, coba untuk panaskan dengan api kecil.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru

Jika sudah, biarkan saja dahulu selama kurang lebih 12 jam lamanya. Pendiaman ini dilakukan sampai semua bahan yang sudah dipakai tadi menyatu dan panci yang bocor tadi sudah tertambal dengan rapi. Setelah itu, barulah panci tersebut bisa digunakan lagi seperti sedia kala. Selesai.

Menggunakan Solder


Solder
Solder

Ini adalah metode kedua yang dapat diterapkan sebagai cara menambal panci bocor berikutnya. Caranya adalah dengan menggunakan solder stainless steel. Metode ini bisa dibilang cukup efektif dalam menambal panci yang bocor, dan juga hasilnya yang lebih tahan lama dibanding cara lainnya.

RELATED:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

Sebelum menggunakan metode solder ini, perlu diketahui bahwa cara ini sedikit sulit karena membutuhkan kemampuan solder premium. Jika ingin hasil yang maksimal, saat menambal lebih baik menggunakan cairan solder yang dibuat khusus stainless steel. Untuk langkah-langkahnya terdapat di bawah ini:

  • Pertama, gosok bagian panci yang bocor dengan amplas atau sikat baja. Hal ini dilakukan untuk membersihkan panci dari karat dan juga kotoran yang menempel.

    BACA JUGA:  Langkah Cara Memperbaiki Teflon Yang Mengelupas
  • Kemudian, panaskan solder hingga timahnya dapat mencair dengan optimal.

  • Jika solder sudah panas, berikutnya adalah tetesi panci yang permukaannya bocor dengan solder tadi. Tentunya dengan menggunakan cairan khusus untuk permukaan stainless steel.

    VIRAL:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik
  • Jika sudah, ratakan cairan timah yang berasal dari solder tadi secara merata. Diamkan saja hingga kurang lebih selama 12 jam hingga benar-benar kering dan pancinya dapat digunakan kembali.

Menggunakan Lakban Khusus


Lakban Khusus Panci
Lakban Khusus Panci

Metode yang ketiga yaitu dengan menggunakan lakban khusus, cara ini terbilang sangat mudah dilakukan meskipun paling mahal. Pemilik panci bisa membeli lakban khusus menambal panci melalui e-commerce. Tersedia banyak toko yang menjual lakban khusus ini.

Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai 3 cara menambal panci bocor dengan mudah. Pilihlah metode yang mudah untuk dilakukan dan sesuai dengan jenis panci yang bocor agar hasilnya maksimal.

writen by Lili Suryatmi | December 2, 2021


REVIEW POPULER
  • Aplikasi Sadap Wa Pasangan
    5 Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan
    January 31, 2022
  • Ghozali Everyday Kaya Mendadak
    Viral: Ghozali Everyday Kaya Mendadak, Nilai Aset Milyaran Rupiah, Begini Caranya!
    January 15, 2022
  • 5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah
    5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah Di Indonesia
    January 14, 2022
  • 1 Ilustrasi Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga
    Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga Dan Manfaatnya Bagi Organisasi
    December 26, 2021
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori