10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru

10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru
Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru

KAMUSMAMA.ID - Wajan keramik semakin populer digunakan para ibu untuk memasak di dapur mereka. Pada awalnya, peralatan dapur jenis ini hanya populer di negara Korea karena sangat aman dan dan tidak ada yang memiliki masalah dengan kesehatan. Memasak apapun dengan wajan atau teflon keramik dapat membuat masakan cepat matang dan mudah dibersihkan. Itulah mengapa sekarang wajan ini populer di Indonesia.

Ada beberapa merek teflon keramik yang bagus, seperti Neoflam, Maxim, dan beberapa produk terkenal lainnya. Sebelum anda memilih dan membelinya, ada baiknya jika anda mengetahui beberapa manfaat dan bagaimana memilihnya.

Kenapa Harus Memilih Wajan Keramik?


Wajan keramik merupakan sebuah peralatan dapur yang sudah digunakan sejak zaman dulu. Bahkan di Korea, orang-orang disana lebih dulu menggunakannya untuk memasak berbagai masakan karena dinilai lebih aman dan alami. Jadi anda tidak perlu ragu untuk menggunakan wajan keramik sebagai peralatan masak andalan.

TRENDING:  3 Cara Menambal Panci Bocor Dengan Bahan Dan Alat

Tingkat kematangan masakan akan lebih merata jika anda menggunakan alat dapur ini. Bahan keramik dapat meyerap panas lebih baik dan menyebarkannya secara merata. Hal ini berbanding terbalik dengan wajan dengan bahan dasar besi atau aluminium. Keuntungan yang lainnya adalah anda dapat membersihkan dengan mudah karena teflon keramik tidak lengket, anda cukup menggunakan spons halus untuk membersihkan sisa makanan.

Bagaimana Cara Memilih Wajan Keramik Terbaru dan Aman


Anda harus dapat mengenali tipe wajan keramik terbaru yang akan dibeli. Perlu anda ketahui bahwa alat dapur ini memiliki dua jenis tipe yang berbeda, yaitu pure ceramic dan ceramic coated. Mereka memiliki karakteristik masing-masing sehingga anda harus dapat menyesuaikan dengan kegunaannya.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru

Karakteristik


Karakteristik dari teflon pure ceramic adalah aman untuk suhu yang tinggi. Wajan ini terbuat dari bahan seratus persen keramik yang aman untuk memasak karena sifat bahan alami ini adalah nonreaktif dan nontoksik. Walau pada suhu tinggi, bahan kimia beracun dan logam berat tidak akan larut di dalam wajan pure ceramic. Anda tidak perlu khawatir soal rasa dan kesehatan pada saat menggunakan wajan jenis ini. Tetapi, di Indonesia sangat jarang yang menjual wajan keramik murni, sehingga masih sulit untuk membelinya.

Wajan ceramic coated memiliki bahan dasar logam aluminium yang dilapisi dengan keramik dibagian atas. Teflon jenis ini juga aman untuk digunakan untuk memasak, tetapi memiliki kekurangan pada umur pemakaian. Tentu saja jika wajan sudah berumur, maka bahan logam juga akan larut kedalam makanan terutama saat memasak pada suhu yang tinggi. Untuk itu, anda harus mengikuti petunjuk perawatan dan memperhatikan masa pakai wajan tersebut.

RELATED:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

Bobot


Seperti yang telah anda ketahui bahwa keramik merupakan bahan yang menyerupai batu. Wajar saja jika wajan keramik lebih berat dari pada yang lainnya. Wajan pure ceramic lebih berat dari pada ceramic coated. Pada umumnya, wajan mudah diayunkan hanya dengan satu lengan, atau paling tidak memiliki bobot satu kilogram.

Anda akan kesulitan mencari wajan keramik murni yang memiliki bobot yang ringan. Bobot yang paling ideal untuk wajan keramik terbaru adalah ± 3 kg. Dengan begitu, anda masih dapat mengayunkan wajan dengan mudah, dan tidak terlalu berat.

BACA JUGA:  Langkah Cara Memperbaiki Teflon Yang Mengelupas

Ukuran


Untuk ukuran wajan keramik, anda akan menemukan ukuran yang berbeda. Mulai teflon yang berukuran 16cm hingga 30cm. Semua ukuran itu memiliki fungsi atau kegunaan masing-masing, misalnya jika anda seorang single dan tinggal sendiri, maka cocok menggunakan wajan keraming berdiameter 16-24cm. Ini karena mungkin anda hanya perlu memasak dalam jumlah sedikit. Begitu sebaliknya, jika anda sudah berkeluarga, maka wajan keraming dengan diameter 26-30cm cocok untuk digunakan.

Perlu diingat bahwa semakin besar ukuran wajan, maka semakin berat dan sulit untuk diayunkan. Selain itu anda juga akan kesulitan menyimpan wajan keramik dengan ukuran besar. Untuk itu, bijaklah dalam memilih teflon sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas ruang anda.

VIRAL:  Review 10 Rekomendasi Tempat Beras Terbaik

Pegangan


Wajan keramik biasanya lebih berat daripada jenis teflon yang lainnya, kenyamanan pengangan atau handel harus menjadi perhatian khusus. Handel berbahan bakelite merupakan yang terbaru karena bersifat antipanas. Selain bahan dari pegangan wajan, anda juga harus mempertimbangkan bentuk yang ergonomis agar anda lebih nyaman dan tidak licin saat digunakan.

Kompor yang Digunakan


Berbeda kompor, berbeda juga jenis wajan yang digunakan. Wajan keramik dengan lapisan magnet dibagian bawah cocok digunakan untuk kompor induksi atau listrik. Hal ini karena kompor ini bekerja dengan menginduksi wajan untuk menyebarkan panas.

Jika anda memiliki kompor biasa, anda dapat memilih wajan keramik apapun. Tetapi akan lebih baik jika anda memilih wajan yang dapat digunakan di kompor listrik atau biasa, karena lebih fleskibel.

Rekomendasi Wajan Keramik Terbaru


Kamusmama telah memilih beberapa produk secara teliti berdasarkan tips diatas, kualitas produk, review para pembeli, dan tingkat kepercayaan seller. Dengan begitu, kami dapat merekomendasikan wajan keramik terbaru untuk para ibu.

1. Neoflam Fika IH Induction Nonestick


Neoflam Fika Ih Induction Nonstick
Neoflam Fika IH Induction Nonstick

Wajan keramik ini dapat anda gunakan pada kompor jenis apapun seperti gas dan induksi. Anda dapat memasak cepat dan menggunakannya pada suhu yang tinggi. Neoflam Fika IH Induction Nonestick sangat aman digunakan karena tidak mengandung timbal, PTFE, ataupun zat berbahaya lainnya.

Teflon keramik ini memiliki tiga lapisan yang dapat meningkatkan daya antilengket sehingga anda dapat dengan mudah membersihkannya. Wajan ini menerapkan prinsip kerja kuali, yang mana bagian samping dan bawah lebih tebal dari pada jenis yang biasa.

2. Bolde Super Pan WOK 26cm


Bolde Super Pan Wok 26cm
Bolde Super Pan Wok 26cm

Bolde Super Pan WOK 26cm menjadi salah satu produk wajan keramik terbaru yang hadir dengan memenuhi kualitas terbaik dan ramah lingkungan. Produk keluaran Bolde sangat aman untuk anda gunakan karena bebas dari PFOA. Wajan ini merupakan jenis ceramic coating sehingga anda harus memperhatikan umur dari peralatan dapur ini.

Tebal dari produk ini adalah 3 mm dan 2 kali lebih tebal dari merek wajan keramik lainnya. Dengan diameter 26 cm maka anda dapat leluasa untuk memasak makanan kesukaan keluarga. Pada bagian pegangan dilengkapi dengan sistem rivet dan lubang penggantung. Anda dapat menggunakan teflon ini pada kompor listrik ataupun gas dengan aman.

3. Ecopan Red Skillet 36cm


Ecopan Red Skillet 36cm
Ecopan Red Skillet 36cm

Ecopan Red Skillet ini memiliki diameter yang cukup lebar, yaitu 36cm. Wajan keramik terbaru ini bebas dari PTFE, logam berat, dan bahan berbahaya lainnya sehingga aman untuk memasak makanan keluarga anda. Selain itu, anda cukup menyapu kotoran dengan busa untuk membersikannya karena wajan ini memiliki antilengket dan bebas penggunaan terhadap lemak.

Fitur yang menarik lainnya adalah tahan gores terhadap benda tajam dan aman digunakan di dalam oven dengan suhu tinggi. Maka dari itu, salah satu produk wajan keramik terbaik ini layak untuk Kamusmama rekomendasikan.

4. Solarpi Frypan Ceramic Induksi 24Cm Marble Pan


Solarpi Frypan Ceramic Induksi 24cm Marble Pan
Solarpi Frypan Ceramic Induksi 24cm Marble Pan

Wajan Solarpi Fry Pan Ceramic ini merupakan penggorengan serbaguna yang dapat digunakan untuk memasak semua jenis makanan kesukaan keluarga. Dengan lapisan antigores, anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan irus yang terbuat dari besi.

Bahan yang digunakan juga aman untuk semua masakan, karena tidak mengandung zat yang berbahaya. Bahan karet menjadi lapisan untuk pegangan teflon keramik ini, sehingga tidak licin dan nyaman untuk digunakan. Teflon keramik terbaru ini dapat digunakan pada semua jenis kompor yang ada dirumah anda.

5. Cookville Frypan Wok Ceramic 26cm


Cookville Frypan Wok Ceramic 26cm
Cookville Frypan Wok Ceramic 26cm

Teflon Cookville Frypan Wok Ceramic mempunyai diameter medium, yaitu 26 cm dengan tinggi 8 cm. Ini merupakan salah satu peralatan dapur yang dapat diandalkan karena merek Cookville terkenal awet. Dengan menyerap panas secara merata, maka anda dapat memasak dengan tingkat kematangan yang merata.

Wajan keramik yang satu ini merupakan jenis ceramic coating sehingga mudah untuk dicuci. Selain itu, handel yang anti panas dapat membuat anda nyaman saat memasak. Fry pan dibuat sangat tebal sehingga Cookville menjamin soal keawetannya.

6. Cypruz Fry Pan Marble


Cypruz Fry Pan Marble
Cypruz Fry Pan Marble

Cypruz Fry Pan Marble termasuk wajan keramik yang aman untuk kesehatan keluarga anda. Hal ini dikarenakan tidak adanya kandungan zat berbahaya seperti PTFE, Cadmium, PFOA dan Lead sehingga sangat aman. Bahan yang digunakan juga sangat berkualitas yang mana memiliki 3 lapisan keramik sehingga membuatnya tidak lengket dan mudah dibersihkan.

Pegangan terbuat dari kayu alami yang dilengkapi dengan soft touch handle dan anti licin sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu, wajan keramik terbaru ini dapat digunakan untuk kompor berjenis apapun.

7. Royalstar Tigaie Wokpan Ceramic


Royalstar Tigaie Wokpan Ceramic
Royalstar Tigaie Wokpan Ceramic

Ya, Royalstar merupakan salah satu merek terkenal untuk urusan peralatan dapur. Wajan keramik terbaru ini dapat anda gunakan di atas kompor gas biasa ataupun induksi. Selain itu, produk alat dapur ini sangat aman digunakan sebagai peralatan memasak karena bebas dari PFOA.

Royalstar mengeluarkan 3 varian dengan diameter yang berbeda, yaitu dari yang terkecil 24cm, 28cm, dan 32cm. Bahan yang disematkan pada wajan keramik ini adalah yang terbaik dikelasnya sehingga tidak mudah lengket dan tahan lama.

8. Maxim Granito Fry Pan


Maxim Granito Fry Pan
Maxim Granito Fry Pan

Menggunakan peralatan masak dengan fitur terbaik adalah impian para ibu. Maxim Granito Fry Pan dapat memberikan hal itu kepada anda. Produk tersebut memiliki lapisan keramik anti lengket terbaik dan memilik berbagai varian dengan performa yang tinggi. Anda dapat memasak dengan sedikit minyak atau tidak sama sekali.

Hard Anodized adalah lapisan yang terdapat pada wajan yang tidak bisa terkelupas sehingga tahan terhadap goresan. Anda juga dapat menngunakan wajan keramik ini pada oven dengan temperatur hingga 176° Celcius. Produk ini dilengkapi dengan lapisan silicon polyester sehingga mudah untuk membersihkan permukaan wajan.

9. Cooker King Ceramic Coating Non-stick Frying Pan


Cooker King Ceramic Coating Non Stick Frying Pan
Cooker King Ceramic Coating Non-Stick Frying Pan

Wajan yang satu ini mampu menahan suhu yang sangat tinggi, yaitu sekitar 250°C. Hal ini menjadi layak untuk anda miliki. Dibuat dari bahan yang tidak menganduk senyawa berbahaya dan bebas dari timbal, PTFE, Cadmium, dan PFOA. Cooker King Ceramic Coating Non-stick Frying Pan memiliki sistem antilengket 70% lebih banyak dari pada merek lainnya.

Selain mudah dibersihkan, teflon ini dapat mendistribusikan panas secara merata di seluruh penjuru. Memiliki lapisan pelindung yang lebih kuat dari pada logam yang menjadikannya anti gores dan karat.

10. Lock & Lock ECook Deco Wok Pan


Lock & Lock Ecook Deco Wok Pan
Lock & Lock ECook Deco Wok Pan

Dengan bahan dasar aluminium, Lock & Lock ECook Deco Wok Pan dapat menjadi andalan para ibu untuk memasak di dapur. Terdapat lapisan keramik di bagian luar sehingga tidak membuat masakan menjadi lengket dan aman untuk kesehatan karena sudah bersertifikat PFOA.

Anda dapat dengan mudah mengayunkan teflon karena memiliki bobot yang cukup ringan. Pegangan dari teflon keramik ini terbat dari silikon yang tidak akan menghatarkan panas sedikitpun. Pilihan warna yang banyak dapat anda gunakan sesuai dengan warna dapur.

Kesimpulan


Pilihlah wajan keramik yang sesuai dengan kebutuhan anda, sehingga anda dapat menghemat tempat untuk menyimpannya. Gunakan spatula yang direkomendasikan oleh produk, biasanya berbahan kayu atau silikon untuk menghindari teflon mengelupas, walaupun produk tersebut menyebutkan anti gores. Bersihkan teflon hanya dengan spons lembut yang sudah di beri sabup pencuci untuk menghilangkan lemak dan sisa makanan.

writen by Okta Habibi | November 30, 2021


REVIEW POPULER
  • Buah Beet Untuk Ibu Hamil
    Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin
    May 4, 2022
  • 1 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal
    Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik, Langsung Masuk Rekeningmu
    February 8, 2022
  • Cara Membuat Telur Gulung Tepung
    Cara Membuat Telur Gulung Tepung Anti Gagal Terenak
    January 14, 2022
  • Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
    5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Yang Jarang Diketahui!
    January 27, 2022
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori