6 Rekomendasi Popok Bayi Baru Lahir Terbaik Dan Terbaru

6 Rekomendasi Popok Bayi Baru Lahir Terbaik Dan Terbaru 1
Rekomendasi Popok Bayi Baru Lahir Terbaik

Kebutuhan bayi ada berbagai macam, salah satunya adalah popok yang menjadi sebuah produk yang sangat penting dan harus selalu tersedia. Kulit bayi sangat rentan dan sensitif terhadap gesekan ataupun ransangan notabene datang dari luar, terlebih lagi pada bayi baru lahir. Untuk meminimalisir hal itu, maka para orang tua wajib untuk memakaikan popok bayi terbaik untuk newborn.

Kita harus benar-benar selektif dalam memilih popok bayi baru lahir (newborn) karena ada banyak deretan popok yang beredar di supermarket, seperti Pampers, MamyPoko, Sweety, dan masih banyak lagi. Untuk membantu para ibu dan mama menemukan popok bayi baru lahir terbaik, kami telah merangkum beberapa produk best seller terfavorit karena banyaknya tipe dan ukuran. Tetapi sebelum itu, Kamusmama akan menyampaikan beberapa tips untuk memilih produk popok bayi newborn terbaik. Yuk, simak!

Cara Memilih Popok untuk Bayi Baru Lahir Newborn


Tipe popok adalah hal yang pertama yang wajib anda ketahui karena ada batas pemakaian dan penggunaannya. Di pasaran, ada banyak popok bayi dalam berbagai ukuran berbeda yang harus dipilih sesuai dengan berat badan bayi. Berikut ini beberapa poin penting untuk memilih popok bayi baru lahir:

TRENDING:  10 Rekomendasi Empeng Bayi Terbaik Dan Aman

Memilih Popok Bayi Menurut Tipe


Memilih Popok Untuk Bayi Baru Lahir
Memilih Popok Untuk Bayi Baru Lahir

Pilih mana cloth diapers atau diaper? Bagi yang belum tahu, cloth diapers adalah tipe yang dapat digunakan berulang kali, sedangkan diaper adalah tipe yang hanya sekali pakai. Anda dapat memilih salah satu sesuai dengan fungsi dan kepraktisannya.

Diaper: Tipe Sekali Pakai

BACA JUGA:  Review 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik

Diaper sekali pakai selalu unggul dari segi kehigienisan dan sangat praktis untuk digunakan. Tentu saja ini tidak akan menguras waktu ibu untuk mencuci popok bayi. Popok tipe ini memiliki perekat atau karet elastis yang dapat menempel dengan baik pada pantat bayi, hal ini membuatnya lebih nyaman dipakai oleh bayi.

Diaper ini biasanya tidak mudah bocor karena memiliki penyerap ultra. Didalamnya terdapat lapisan yang dapat menjaga kelembaban kulit bayi sehingga memiliki resiko kecil untuk menimbulkan ruam popok. Kelemahan produk ini adalah kita sulit untuk mengecek apakah bayi kita cocok menggunakannya atau tidak, reaksi alergi dapat timbul karena ketidakcocokan bayi terhadap diaper ini.

RELATED:  10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik

Cloth Diapers: Tipe Pakai Berulang

Sesuai dengan tipenya, popok ini dapat digunakan berulang kali karena merupakan popok yang berbahan kain. Bentuk dari cloth diapers hampir sama dengan popok sekali pakai. Produk ini memiliki bahan kain yang lembut dan mampu menampung urin yang banyak. Terdapat dua bagian penting dari cloth diapers yang mana pada bagian dalam adalah kain yang menyerupai handuk dan bagian luar adalah kain waterproof.

Produk popok bayi ini dapat dicuci dan dipakai berulang kali, hal ini sangat menguntungkan karena akan menghemat biaya. Cloth diapers sangat aman digunakan untuk bayi anda karena tidak menggunakan bahan yang berbahaya dan ramah terhadap lingkungan. Kelemahan dari tipe ini adalah penyerapan yang tidak sebaik diaper, sewaktu-waktu bisa terjadi kebocoran.

Sesuaikan Popok Dengan Usia Perkembangan Bayi


Bayi akan selalu tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya, bayi akan bertambah gerakannya saat berumur 6 bulan atau lebih. Untuk itu, popok yang sesuai adalah yang bertipe celana. Sebaliknya, popok bertipe perekat hanya cocok untuk newborn.

VIRAL:  10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik

Tipe Perekat

Tipe ini sangat cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir karena pada saat itu tidak banyak melakukan gerakan. Tentu saja, hal ini akan memudahkan anda untuk memasang popok pada saat bayi terlentang. Kelebihan dari popok jenis adalah harganya yang lebih murah dibanding dengan popok celana dan memiliki bahan yang lembut untuk kulit bayi dengan usia kurang dari 6 bulan.

Tipe Celana

Ketika usia bayi lebih dari 6 bulan, maka gerakannya akan semakin aktif baik berguling atau merangkak sehingga memasang popok perekat akan jaul lebih menyulitkan. Idealnya, pada usia ini, anda harus menggantinya dengan popok celana karena akan mudah untuk memasang atau melepas saat bayi sedang aktif.

Popok berjenis celana didesain dengan pita elastis untuk menyesuaikan bentuk tubuh bayi dan pas dipakai pada pinggang bayi. Selain tidak mudah lepas, popok celana juga efektif untuk digunakan saat berpergian.

Pilih Ukuran Popok Sesuai Berat Badan Bayi


Ukuran Popok Sesuai Berat Bayi
Ukuran Popok Sesuai Berat Bayi

Ukuran dan bentuk tubuh setiap bayi pasti berbeda-beda, jangan terpatok untuk memilih popok sesuai dengan bentuk, usia, jenis kelamin, atau ukuran tubuh. Metode yang tepat untuk menentukan popok bayi adalah dengan menyesuaikan berat badan. Sebagai contoh, jika berat badan bayi 6 sampai 11 kg, maka popok yang tepat adalah berukuran medium atau M.

Hal ini akan sedikit berbeda jika anda menemukan kasus dimana anda mungkin dihadapkan dengan dua pilihan yang tumpang tindih antar ukuran popok dan berat badan bayi. Misalnya, berat badan bayi berada di kisaran 9 sampai 11 kg, biasanya kita akan bingung memilih ukuran M atau L. Trik mudah untuk masalah ini adalah melihat ukuran perut sang bayi, jika perutnya cenderung besar, maka anda dapat memilih ukuran L untuk membuat bayi lebih nyaman, begitupun sebaliknya.

Cek Daya Serap, Formula, dan Lapisan


Cek Daya Serap Formula Dan Lapisan
Cek Daya Serap Formula Dan Lapisan

Secara umum, popok bayi terdiri dari lapisan dalam, inti, dan luar yang tebal. Yang harus anda lakukan adalah memastikan adanya pori-pori pada bagian lapisan dalam dan inti, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko ruam pada area pantat. Ini karena pori-pori pada pada lapisan dapat membantu kulit untuk bernafas.

Selain itu, ada produk yang memiliki formula khusus yang mengandung aloe vera, zinc oxide, dan prtroleum yang fungsinya untuk menjaga kulit pantat bayi tetap kering. Sedangkan untuk daya serap tinggi, pastikan anda memilih produk yang lapisan intinya dibekali dengan AGM(absorbent gelling material). Lapisan ini juga berfungsi untuk menjaga pH kulit bayi tetap seimbang.

6 Rekomendasi Popok Terbaik Untuk Bayi Baru Lahir


Pada umumnya, popok bayi digunakan untuk menampung urin dan kotoran bayi. Akan tetapi, ada beberapa merek yang menambahkan fungsi lain. Untuk itu, anda diharapkan untuk membaca deskripsi produk untuk menilai, memilih, dan mengetahui keunggulan masing-masing produk popok bayi, sehingga bayi anda tetap aman dan pengeluaran anda tidak membengkak.

1. Merries Pants Good Skin S


Merries Pants Good Skin S
Merries Pants Good Skin S

Merries Pants Good Skin memiliki daya serap yang sangat tinggi hinga mencapai 250mL, sehingga tidak mudah bocor. Dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi, salah satunya adalah katun dengan kelembutan ekstra sehingga dapat membantu bayi tidur dengan nyaman.

Popok celana sekali pakai ini dibekali dengan karet elastis yang tidak akan menimbulkan bekas pada pinggang si buah hati. Popok ini memiliki ukuran S yang dapat dipakai untuk bayi dengan berat badan 4 - 8 kg dan harganya sangat terjangkau. Produk Merries Pants ini merupakan produk terlaris dan nomor 1 di Jepang selama 9 tahun terakhir.

2. MamyPoko Royal Soft NB 84


Mamypoko Royal Soft Nb 84
MamyPoko Royal Soft NB 84

MamyPoko Royal Soft NB 84 ini bertipe perekat yang dapat digunakan untuk bayi yang memiliki berat badan kuran dari 5 kg. Kain lembut bergelombang mampu menyerap cairan dengan cepat sehingga dapat menjaga kulit bayi tetap kering. Dengan adanya extra dry speed wave ini, cairan dapat diserap berkali-kali.

Kelebihan dari produk MamyPoko ini adalah terdapat indikator yang akan berubah warna ketika popok penuh. Selain itu, lekukan pada ban pinggang dapat melindungi pusar pada bayi baru lahir. Perekat dibuat dan dirancang untuk meminimalkan iritasi pada kulit bayi. Popok perekat ini mampu melepas panas dan lembab karena memiliki lapisan pelindung berpori yang sangat lembut sehingga dapat menghindarkan bayi dari ruam popok.

3. Sweety Gold Comfort NB-52


Sweety Gold Comfort Nb 52
Sweety Gold Comfort NB 52

Produk popok newbord dari Sweety ini memang diciptakan menggunakan bahan lembut sehingga tidak membuat kulit bayi menjadi iritasi. Tentu saja, popok newborn ini menggunakan perekat untuk memudahkan saat penggantian popok. Selain itu, harganya tidak terlalu mahal alias terjangkau. Popok ini memiliki ukuran S yang mana dapat digunakan oleh bayi dengan berat badan kurang dari 5 kg.

Keunggulan dari Sweety Gold Comfort ini adalah menggunakan teknologi Diamond Layer yang sangat efektif menyerap cairan dengan sangat cepat sehingga dapat menjaga kulit tetap kering. Perekat dapat direkatkan berulang ulang tanpa khawatir akan kendor karena adanya soft magic tape. Selain itu, popok bertipe perekat ini dilengkapi dengan leak guard protection yang akan mengurangi kebocoran saat popok penuh.

4. Goon Excellent Dry Tape NB48


Goon Excellent Dry Tape Nb48
Goon Excellent Dry Tape NB48

Produk popok newborn ini memiliki breathable backsheet berpori sehingga membuat pantat bayi lebih kering. Selain itu, teknologi Pee Lock System dapat menyerap cairan dan menguncinya sehingga tidak mudah bocor. Popok bayi baru lahir ini bertipe perekat sehingga akan lebih mudah saat memasangnya dan sangat fleksibel mengikuti bentuk perut bayi.

Adapun manfaat lain dari popok Goon Excellent Dry Tape ini adalah mengurangi tingkat stres bayi yang masih mengompol. Tentu saja tidur bayi akan menjadi lebih berkualitas dan tetap nyaman walaupun popok penuh.

5. Pampers Premium Soft NB 26


Pampers Premium Soft Nb 26
Pampers Premium Soft NB 26

Perlindungan selama 12 jam untuk menjaga kulit bayi tetap kering menjadi salah satu keunggulan dari produk Pempers. Hal ini karena popok celana ini memiliki super gel dengan daya serap ekstra tinggi dan memiliki indikator saat popok sudah penuh. Dengan begitu, kualitas tidur bayi akan tetap terjaga dengan baik.

Bahan yang digunakan untuk bagian dalam popok memiliki pori-pori selembut sutra yang dapat membantu kulit tetap kering dan memiliki sirkulasi udara 360 derajat. Selain itu, terdapat lotion yang berguna untuk melindungi kulit bayi sehingga akan terhindar dari potensi resiko ruam popok.

6. Huggies Dry Diapers S 38


Huggies Dry Diapers S 38
Huggies Dry Diapers S 38

Popok ini bertipe celana dan cocok untuk digunakan oleh bayi dengan berat badan kurang dari 8 kg. Produk Huggies yang satu ini memiliki 1000 lubang yang dapat menyerap cairan dengan cepat bahkan kotoran bayi yang masih cair. Tentu saja ini akan menghidarkan dari resiko kebocoran.

Keunggulan dari produk ini adalah memiliki smart lock yang aktif dan mengunci cairan. Kapasitas maksimal yang dapat ditampung adalah 210 ml sehingga anda tidak terlalu sering mengganti popok.

Kesimpulan


Popok adalah salah satu perelengkapan yang harus tersedia selain bak mandi, empeng, dan bedak bayi. Ke enam produk diatas memiliki keunggulan masing-masing yang dapat anda gunakan untuk memilih popok bayi baru lahir terbaik. Pilih popok bayi yang sesuai dengan berat badan bayi yang sesuai dengan dana keluarga anda. Semoga bermanfaat!

writen by Damu Setiawan | January 8, 2022


REVIEW POPULER
  • Buah Beet Untuk Ibu Hamil
    Manfaat Buah Beet Untuk Ibu Hamil Dan Janin
    May 4, 2022
  • 1 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal
    Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik, Langsung Masuk Rekeningmu
    February 8, 2022
  • Cara Membuat Telur Gulung Tepung
    Cara Membuat Telur Gulung Tepung Anti Gagal Terenak
    January 14, 2022
  • Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
    5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Yang Jarang Diketahui!
    January 27, 2022
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori