10 Rekomendasi Empeng Bayi Terbaik Dan Aman

10 Rekomendasi Empeng Bayi Terbaik Dan Aman 01 Ilustrasi
Ilustrasi Empeng Bayi Terbaik

KAMUSMAMA.ID - Soother (pacifier) atau biasa yang disebut empeng adalah perlengkapan bayi yang paling ampuh untuk menenangkan bayi saat rewel. Selain itu, empeng juga dapat digunakan untuk membantu mencegah bayi menghisap jarinya sendiri.

Empeng bayi seperti "senjata" yang paling mutahir dan ampuh. Para orang tua perlu mengkaji dan mengetahui jenis-jenis empeng bayi terbaik agar tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan gigi si buah hati. Diluar sana, banyak sekali produk-produk yang bagus dan rekomended. Tetapi anda harus tahu seperti apa, bentuk, dan fungsi dari soother.

Sebelum Kamusmama menyebutkan beberapa rekomendasi empeng terbaik, kami akan memberikan tips-tips terbaik untuk milih produk yang bagus. Silahkan simak dibawah ini:

TRENDING:  10 Rekomendasi Empeng Bayi Terbaik Dan Aman

Cara Memilih Empeng Bayi Yang Terbaik


Soother bayi biasanya memilik beberapa bagian yang penting, seperti ring, perisai, dan nipple. Merek empeng bayi yang bagus adalah menggunakan nipple yang terbuat dari bahan lateks atau silikon.

Kelebihan bahan silikon adalah lebih tahan lama, mudah dibersihkan, dapat disterilkan, dan netral terhadap bau. Adapun kekurangannya adalah tidak selembut nipple lateks karena terbuat dari bahan sintetis.

BACA JUGA:  Review 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik

Lain dari pada itu, nipple empeng lateks memiliki keunggulan sendiri. Nipple jenis ini cenderung lebih lembut dan fleksibel karena menggunakan bahan karet alami, dan menyerupai puting susu ibu. Adapun kekurangannya adalah lebih mudah melar dan tidak cocok untuk bayi dengan alergi lateks.

Empeng bayi memiliki beberapa ukuran yang disesuaikan dengan usia. Untuk usia 6 bulan, anda dapat menggunakan nipple yang berukuran S, M digunakan pada bayi yang beruisa 6-18 bulan, L untuk 18 bulan ke atas. Jadi anda harus menyesuaikan ukuran puting empeng sesuai usia si buah hati karena salah kesalahan dalam memilih dapat membuat bayi anda tersedak dan menolak untuk menghisapnya.

RELATED:  10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik

Yang paling aman adalah empeng yang tidak dapat dibongkar pasang pada bagian-bagiannya. Hal ini untuk mengurangi resiko bayi tersedak. Periksalah lubang ventilasi karena berfungsi untuk mempelancar sirkulasi udara saat bayi anda menggunakan soother. Anda juga mesti memperhatikan bentuk dan ukuran perisai sebagai alat pegangannya.

Selain itu, bentuk nipple empeng bayi juga beragam. Anda juga harus menyesuaikan dengan usia bayi karena semuanya memiliki fungsi yang berbeda. Empeng orthodontic dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi dan mencegah pertumbuhan gigi bayi yang tidak sejajar. Hal ini dikarenakan nipple jenis ini mirip dengan puting susu ibu dan dapat mengurangi tekanan pada gusi dan gigi bayi.

Nipple empeng berbentuk buah atau biasa disebut Feeding pacifier dapat digunakan dan mendampingi untuk bayi yang mulai dengan MPASI. Nipple jenis ini memilik lubang-lubang kecil sehingga Anda dapat memasukkan potongan buah kedalamnya sehingga bayi anda dapat menghisap dan mendapatkan nutrisi dari buah-buahan.

Untuk mengcegah si buah hati mengalami bingung puting, anda disarankan menggunakan empeng yang sama dengan merek botol susu bayi yang sama.

VIRAL:  10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik

Rekomendasi Empeng Bayi Terbaik


Berikut ini, kami akan sampaikan beberapa rekomendasi produk empeng bayi yang bagus menurut versi Kamusmama. Anda dapat memilih sesuai dengan tips yang telah kami sampaikan diatas. Kami telah memilih produk-produk yang terbaik secara selektif sehingga aman untuk anda gunakan.

1. Bibs Glow Pacifier


Bibs Glow Pacifier
Bibs Glow Pacifier

Empeng bayi ini dapat berpendar pada kondisi ruangan gelap sehingga anda dapat dengan mudah untuk menemukannya. Produk ini memiliki lapisan glow in the dark dengan durasi hingga 8 jam. Anda dapat menyesuaikan usia anak dengan size yang tersedia, size 1 untuk usia 0 bulan, size 2 untuk usia 6 bulan keatas, dan size 3 untuk 18 bulan keatas.

Desain dari Bibs Glow Pacifier memiliki dua lubang ventilasi kecil untuk aliran udara. Bahan yang digunakan untuk nipple terbuat dari lateks. Tentunya anda harus memastikan bahwa anak anda tidak alergi terhadap lateks.

2. Huki Silicone CI 0041


Huki Empeng Silicone Ci 0041
Huki Empeng Silicone Ci 0041

Huki Silicone CI 0041 dirancang dengan menyesuaikan bentuk rongga mulut bayi sehingga pertumbuhan gigi dapat dirangsang dengan baik. Selain itu, bayi anda dapat dilatih mengunyah dengan empeng ini.

Bahan yang digunakan untuk nipple empeng Huki adalah silikon yang lembut dan dapat digunakan untuk usia 0 bulan ke atas.

3. Philips Avent Ultra AIr Night 0-6m SCF376/11 Pacifier


Philips Avent Ultrau Air Night 0 6m Scf376 11 Pacifier
Philips Avent Ultrau Air Night 0 6m Scf376/11 Pacifier

Empeng bayi terbaik ini dilengkapi dengan lubang ventilasi udara yang cukup besar sehingga menjaga kulit disekitar mulut tetap kering. Anda juga tidak perlu khawatir mencari dalam gelap karena pada bagian belakangnya dapat berpendar dalam gelap (glow in the dark).

Selain itu Philips Avent Ultra AIr Night diciptakan khusus untuk meningkatkan kenyamanan sang bayi dan merangsang pertumbuhan gigi dengan baik. Bagian nipplenya berbahan silikon yang lembut sehingga aman untuk si buah hati anda.

4. Tommee Tippee Glow In The Dark Soother


Tommee Tippee Glow In The Dark Soother
Tommee Tippee Glow In The Dark Soother

Produsen dari United Kingdom ini mengeluarkan produk empeng bayi terbaik. Ukuran yang tersedia tiga golongan usia yaitu 0-6 bulan, 6-18 bulan dan 18-36 bulan. Empeng bayi ini dapat bercahaya dalam gelap sehingga memudahkan anda untuk mencarinya.

Nipple dari empeng bayi ini berbentuk orthodontic yang berguna untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Bahan yang digunakan sangat aman dan bebas BPA. Tetapi, tutup empeng hanya tersedia untuk usia 0-6 bulan dan 6-18 bulan saja.

5. Frigg Daisy Colorblock Silicone Pacifier


Frigg Daisy Colorblock Silicone Pacifier
Frigg Daisy Colorblock Silicone Pacifier

Nipple silikon Frigg telah dirancang khusus untuk kenyamanan bayi Anda. Lekukan ke luar dari perisai membuat kulit disekitar mulut tetap halus dan kering. Fitur lubang udara dan pegangan pengaman memastikan bayi Anda tetap aman.

Tersedia dalam berbagai warna, Empeng Frigg dapat menjadi koleksi kebutuhan bayi Anda. 100% silikon kelas medis, bebas dari BPA, PVC dan ftalat. Dalam melakukan perawatan, anda cukup mensterilkan empeng sebelum digunakan. Untuk alasan higienis, kami menyarankan untuk membuang empeng setelah 3-4 bulan.

6. NUK Orthodontics Pacifier


Nuk Orthodontics Pacifier
NUK Orthodontics Pacifier

NUK Signature Soother dibuat mengikuti bentuk puting ibu. Perisai berbentuk hati dengan bentuk yang lebih halus, lembut dan mudah untuk digenggam. Dengan bentuk yang sesuai dengan puting ibu saat menyusui dapat merangsang perkembangan mulut yang sehat. Leher empeng yang lebih tipis untuk mengurangi tekanan pada rahang dan gigi.

Empeng bayi ini dapat menciptakan perasaan menyenangkan pada bayi anda karena memiliki banyak ruang untuk gerakan mengisap yang alami. Sangat aman untuk digunakan karena Bebas BPA. Anda dapat membersihkan dan mensterikan empeng sebelum digunakan.

7. Dr.Brown’s HappyPaci


Dr Browns Happypaci
Dr Brown’s Happypaci

Empeng bayi ini terbuat dari 100% silikon kelas medis yang sangat lembut, mudah digenggam, dan pelindung yang sesuai dengan bentuk bawah hidung bayi untuk memudahkan pernapasan. Setiap bagiannya tidak dapat dilepas sehingga tidak menimbulkan bahaya tersedak.

Empeng bayi ini sangat mudah dibersihkan dan bebas BPA. Anda dapat menggunakannya untuk usia bayi diatas 0 bulan. Selain itu, desain yang unik dan lucu dalam bentuk kupu-kupu dapat membuat si buah hati terlihat lucu saat memakainya.

8. Dentistar Tooth-friendly Flat Pacifier


Dentistar Tooth Friendly Flat Pacifier
Dentistar Tooth Friendly Flat Pacifier

Dentistar Silicone Pacifier tersedia dalam size 2 untuk usia 6-14 bulan. Fitur perisai mulut berbentuk ekstra datar yang berguna untuk mengurangi tekanan pada rahang dan gigi. Empeng bayi ini memiliki tutup pelindung untuk penyimpanan agar tetap higienis.

Dengan lebih banyak ruang, maka bayi akan terhindar dari deformasi lidah. Selain itu, empeng bayi terbaik ini dapat membantu perkembangan alami gigi susu. Produk empeng bayi ini sangat direkomendasikan karena dikembangkan bekerja sama dengan dokter gigi, ortodontis, dan bebas BPA.

Disarankan untuk menggunakan ukuran 2 pada saat gigi depan pertama tumbuh. Setelah geraham pertama tumbuh, Anda harus beralih ke ukuran 3.

9. Dodo SOOTHER SO51-GLOW


Dodo Soother So51 Glow
Dodo Soother SO51 Glow

Salah satu merek terkenal di tanah air adalah Dodo. Dodo SOOTHER SO51-GLOW memiliki tutup agar kuman-kuman tidak masuk dan menjaganya tetap higienis. Harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan merek lainnya karena diproduksi di dalam negeri.

Kualitas jangan ditanya, produk Dodo ini memiliki sertifikat ISO 9002 sehingga aman untuk digunakan. Bahan nipple-nya terbuat dari silikon yang lembut, berbentuk orthodontic, memiliki ventilasi pada perisai, dan memiliki fitur glow in the dark.

10. Pigeon Minilight Pacifier


Pigeon Minilight Pacifier
Pigeon Minilight Pacifier

Pigeon Minilight Pacifier memiliki berat yang sangat ringan dan terbuat dari silikon paling lembut agar pas dengan nyaman di mulut bayi. Dengan begitu, dapat meminimalkan stres pada mulut bayi. Selain itu, empeng bayi ini memiliki bentuk yang memungkinkan gerakan lidah alami.

Lubang terbuka lebar pada perisai dapat memaksimalkan aliran udara dan mengurangi kemungkinan iritasi kulit. Empeng bayi ini memiliki 3 ukuran, yaitu small untuk usia 0+ bulan, medium untuk 6+ bulan, dan large untuk 12+ bulan.

Kesimpulan


Empeng bayi terbaik dapat anda gunakan untuk menenangkan si buah hati yang rewel. Anda juga dapat menggunakanya untuk membantu saat menidurkan bayi. Selain itu, empeng bayi juga berguna untuk menurunkan resiko SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak.

Gunakan empeng bayi dengan bijak karena dapat menimbulkan efek ketergantungan. Selain itu, penggunaan dalam waktu yang lama dapat menimbulkan masalah pada gigi bayi, seperti gigi tidak sejajar ataupun tonggos.

writen by Jayadi Irawan | November 28, 2021


REVIEW POPULER
  • Aplikasi Sadap Wa Pasangan
    5 Rekomendasi Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan
    January 31, 2022
  • Ghozali Everyday Kaya Mendadak
    Viral: Ghozali Everyday Kaya Mendadak, Nilai Aset Milyaran Rupiah, Begini Caranya!
    January 15, 2022
  • 5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah
    5 Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik Dan Termurah Di Indonesia
    January 14, 2022
  • 1 Ilustrasi Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga
    Contoh Anggaran Dasar Rumah Tangga Dan Manfaatnya Bagi Organisasi
    December 26, 2021
REVIEW PRODUK PILIHAN
Kategori